Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan Tak Profesional yang Bisa Bikin Rekan Kerja Jengkel

Kompas.com - 28/06/2019, 11:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda yang bekerja di kantor pasti kerap menemukan kebiasaan buruk yang kerap membuat rekan kerja jengkel. Tidak menutup kemungkinan, Anda juga memiliki kebiasaan buruk itu.

Sebaiknya, jangan sering melakukan kebiasaan buruk yang tidak profesional. Selain membuat rekan kerja Anda kesal, hubungan dengan rekan-rekan kerja juga bisa merenggang.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (28/6/2019), berikut ini adalah 6 kebiasaan tidak profesional yang bisa membuat rekan kerja Anda jengkel.

1. Datang terlambat ke kantor

"Tepat waktu adalah hal yang sangat penting," kata Rosalinda Oropeza Randall, pakar etiket dan penulis buku Don't Burp in the Boardroom.

Menurut Randall, hal profesional yang harus Anda lakukan di kantor adalah datang tepat waktu dan siap melakukan tugas maupun pekerjaan yang diberikan kepada Anda.

2. Datang terlambat saat rapat

Sama seperti datang terlambat ke kantor, datang terlambat saat rapat menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai rekan-rekan kerja Anda yang datang tepat waktu. Ini diungkapkan oleh Vicky Oliver, penulis buku 301 Smart Answers to Tough Interview Questions.

"Membuat orang lain menunggu dapat diartikan sebagai sikap tidak peduli, kasar, atau arogan," ungkap Randall.

3. Makan di meja kerja

Ketika Anda harus makan di sela-sela bekerja, maka hindari makan di meja kerja. Para pakar menyarankan Anda tidak makan di meja kerja.

Namun, perlu diingat pula bahwa makan di meja kerja tidak hanya berpengaruh pada Anda. Sisa makanan yang ada, remah-remah yang jatuh, bau menyengat, atau suara yang timbul bisa membuat rekan kerja terganggu.

4. Selalu bersikap negatif

Selalu merespon saran atau masukan dari rekan kerja dengan sikap pesimistis atau negatif, kata Randall, dapat diartikan Anda bersikap tidak kooperatif. Frasa-frasa seperti "Itu tidak akan berguna," "Itu tampaknya terlalu sulit," atau "Saya tidak tahu bagaimana memulainya" harus dihindari.

Tidak hanya itu, selalu mengeluh juga kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com