Mau Investasi Deposito? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 28/06/2019, 12:23 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deposito adalah opsi investasi yang masih disukai oleh banyak orang. Deposito sangat cocok untuk Anda yang tidak mau repot investasi alias investor pasif.

Sebab, hanya dengan menyimpan uang di deposito dengan jumlah tertentu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang berkisar 4-6 persen per tahun.

Selain menawarkan bunga yang cukup lumayan, risiko investasi deposito juga sangat kecil dibandingkan investasi saham atau reksadana.

Baca juga: Jangan Salah Hitung Bunga Deposito Bank, Begini Caranya

Namun, bagi Anda yang minat investasi deposito, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut seperti dikutip dari Etnownews.com, Jumat (28/6/2019).

1. Suku bunga bervariasi

Suku bunga yang ditawarkan oleh bank untuk deposito akan bervariasi. Dianjurkan untuk membandingkan suku bunga antar bank sebelum membuat deposito tetap.

Hal ini penting karena bunga akan mempengaruhi jumlah imbal hasil yang akan Anda dapatkan dari investasi deposito.

2. Tenor berbeda

Setiap bank memiliki produk deposto yang berbeda-beda, termasuk tenor di dalamnya. Tenor adalah jangka waktu deposto Anda. Biasanya tenor deposito ada yang 3 bulan, 6 bulan 1 tahun hingga di atas 1 tahun.

Tenor penting untuk diperhatikan karena biasanya juga berkaitan dengan bunga deposito yang diberikan oleh bank.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X