Ini 10 Kota Termahal dan Termurah di Dunia untuk Ekspatriat

Kompas.com - 28/06/2019, 13:32 WIB
ilustrasi Kota Hong Kong Shutterstockilustrasi Kota Hong Kong

KOMPAS.com - Baru-baru ini, sebuah penelitian menyebutkan kota-kota di negara Asia terus mendominasi sebagai lokasi termahal untuk tinggalnya ekspatriat alias orang-orang yang bekerja di luar negeri.

Dikutip dari CNBC, Jumat (28/6/2019), penelitian yang dipublikasikan oleh konsultan SDM Mercer membandingkan biaya lebih dari 200 barang di 209 kota di seluruh dunia.

Dari penelitian tersebut, muncullah kota-kota mahal dan kota-kota paling murah untuk hidup ekspatriat. Adapun, 8 dari 10 kota termahal di dunia berada di Asia dengan Hongkong berada di peringkat pertama.

Menurut Mercer, dominasi kota Asia di 10 besar kota termahal dunia disebabkan karena pasar properti yang kuat. Permintaan yang tinggi dan pasokan yang terbatas membuat harga properti di Hongkong menjadi mahal dalam beberapa tahun terakhir.

Wilayah yang dinobatkan sebagai kota termahal dua tahun berturut-turut ini pun berencana untuk membangun pulau buatan senilai 80 miliar dollar AS untuk memperbaiki krisis properti. Laporan tersebut juga mencatat mata uang Hong Kong dipatok ke dollar AS sehingga biaya hidup di sana pun cenderung mahal, baik makanan, baju, perumahan, dan alkohol.

Hong Kong juga menjadi lokasi termahal untuk membeli bensin atau sekadar membeli kopi di kafe kekinian. Laporan tersebut menyebut, biaya hidup memang telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Mungkin ini juga salah satu penyebab hidup di Hong Kong menjadi sangat mahal.

Sementara China, yang beberapa kotanya masuk ke dalam kategori termahal juga mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang cepat. 8 dari 17 kota China yang disurvei, harga bir merek internasional meningkat dari tahun 2014-2019.

Jika Anda ingin menghabiskan malam di China dengan membeli 2 tiket nonton, makan malam, dan minum kopi, Anda akan membayar sekitar 163 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 juta (kurs rupiah Rp 14.200).

Sementara itu, di Mexico City biaya keluar malam meningkat lebih dari 40 lebih dibandingkan periode yang sama, sekitar 90 dollar AS atau Rp 1,2 juta.

Adapun, Kota-kota termahal itu antara lain:

1. Hongkong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X