Pasar Respon Positif Putusan MK, BEI Sebut Ada Euforia Pemilu

Kompas.com - 28/06/2019, 14:26 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) terus menunjukkan pertumbuhan positif pasca-putusan hakim Mahkamah Konstitusi atas sengketa Pemilihan Presiden 2019. Hakim menolak seluruhnya gugatan yang diajukan tim hukum pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur BEI Laksono Widodo mengatakan, hal ini menandakan pasar merespon putusan tersebut dengan positif.

"Ada optimismenya karena ada election," ujar Laksono di gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Laksono mengatakan, pasar menyambut baik bukan karena hasil Pilpresnya, melainkan kepastian yang diberikan. Selama ini, investor cenderung wait and see selama tahun politik.

Mereka membaca gelagat dan menjaga diri, takut situasi politik yang panas berimbas pada pasar. Dengan putusan final dari MK, setidaknya pasar sudah bisa memprediksi iklim ekonomi ke depannya.

"Ada satu unsur ketidakpastian yang terlewati," kata Laksono.

Namun, putusan MK sebenarnya hanya salah satu dari faktor yang membuat IHSG anteng di zona hijau. Menurut Laksono, faktor eksternal lainnya memiliki dampak lebih besar terhadap pasar saham, termasuk dari luar negeri.

"Kondisi ekonomi makro punya dampak signifikan daripada politik. Trade balance lebih berdampak ke indeks daripada pemilu," kata Laksono.

Sementara itu, dari dalam negeri, faktor lain yang mungkin masih akan mempengaruhi IHSG ke depannya adalah kabinet. Kemungkinan baru bulan Oktober presiden terpilih akan mengumumkan daftar kabinetnya.

"Nanti bisa dilihat apakah market puas atau tidak dengan kabinet baru," kata Laksono.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X