Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Respon Positif Putusan MK, BEI Sebut Ada Euforia Pemilu

Kompas.com - 28/06/2019, 14:26 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus menunjukkan pertumbuhan positif pasca-putusan hakim Mahkamah Konstitusi atas sengketa Pemilihan Presiden 2019. Hakim menolak seluruhnya gugatan yang diajukan tim hukum pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur BEI Laksono Widodo mengatakan, hal ini menandakan pasar merespon putusan tersebut dengan positif.

"Ada optimismenya karena ada election," ujar Laksono di gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Laksono mengatakan, pasar menyambut baik bukan karena hasil Pilpresnya, melainkan kepastian yang diberikan. Selama ini, investor cenderung wait and see selama tahun politik.

Mereka membaca gelagat dan menjaga diri, takut situasi politik yang panas berimbas pada pasar. Dengan putusan final dari MK, setidaknya pasar sudah bisa memprediksi iklim ekonomi ke depannya.

"Ada satu unsur ketidakpastian yang terlewati," kata Laksono.

Namun, putusan MK sebenarnya hanya salah satu dari faktor yang membuat IHSG anteng di zona hijau. Menurut Laksono, faktor eksternal lainnya memiliki dampak lebih besar terhadap pasar saham, termasuk dari luar negeri.

"Kondisi ekonomi makro punya dampak signifikan daripada politik. Trade balance lebih berdampak ke indeks daripada pemilu," kata Laksono.

Sementara itu, dari dalam negeri, faktor lain yang mungkin masih akan mempengaruhi IHSG ke depannya adalah kabinet. Kemungkinan baru bulan Oktober presiden terpilih akan mengumumkan daftar kabinetnya.

"Nanti bisa dilihat apakah market puas atau tidak dengan kabinet baru," kata Laksono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com