Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Berakhirnya Sidang Sengketa Pilpres Beri Sentimen Positif

Kompas.com - 28/06/2019, 16:39 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi ( MK) telah menggelar sidang putusan sengketa hasil PemiluPresiden 2019 kemarin, Kamis (27/9/2019).

Dalam sidang tersebut, majelis hakim MK menolak seluruh gugatan sengketa hasil pilpres yang diajukan pasangan calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut MK, permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum. Dengan demikian, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan memimpin Indonesia periode 2019-2024.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, berakhirnya sengketa hasil pilpres tersebut memberikan sentimen positif bagi kondisi perekonomian dalam negeri. Pasalnya, hal tersebut bakal memberikan kepastian bagi investor dan pelaku ekonomi.

Baca juga: Usai Putusan MK, Rupiah Menguat Terbatas

"Keputusan tersebut tentu bakal memberikan sentimen bagus bagi kondisi ekonomi. Hal ini karena bisa memberikan kepastikan hukum sehingga membuat investor tidak lagi wait and see," ujar Dody ketika ditemui di kompleks BI, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Sebelumnya, Ekonom Maybank Indonesia Myrdal Gunarto mengatakan, sentimen domestik atau dibacakannya putusan hasil akhir sidang MK tersebut menimbulkan reaksi positif investor terhadap kondisi politik yang stabil. Hasil keputusan MK tersebut akan mendominasi pergerakan rupiah hari ini.

"Rupiah diperkirakan akan menguat, meski relatif terbatas mengingat ini periode akhir bulan yang rawan profit taking di pasar keuangan maupun pemenuhan kebutuhan rutin dollar di periode akhir bulan dari pelaku bisnis maupun BUMN dan pemerintah," ujar Myrdal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com