Waskita Karya Garap Pengembangan Terminal I Bandara Juanda Senilai Rp 685,5 Miliar

Kompas.com - 28/06/2019, 21:33 WIB
Direksi PT Waskita Karya saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/5/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADireksi PT Waskita Karya saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (KOMPAS100: WSKT) menggarap proyek pengembangan Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya senilai Rp 685,5 miliar.

President Director Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra merinci proyek tersebut terdiri dari pembangunan terminal baru seluas 30.000 m2 di sebelah utara T 1 Eksisting. Kemudian, renovasi terminal eksisting seluas 60.000 m2, termasuk perluasan koridor airside, serta Perluasan Lahan Parkir dan Beautifikasi Toll Gate.

“Proyek ini digarap sendiri oleh PT Waskita Karya dengan dibantu oleh beberapa subkontraktor spesialis seperti konstruksi baja, plafond metal, baggage handling system, travelator, dan elektronika bandara,’’ ucap Gusti dalam siaran persnya yang dikutip Kompas.com, Jumat (29/6/2019).

Baca juga: Bidik Peluang Bisnis Konstruksi RI, Perusahaan Korsel Gandeng Waskita Karya

Adapun tender dilaksanakan secara terbatas, yakni hanya kontraktor yang terdaftar di dalam VMS PT Angkasa Pura I dan memenuhi kualifikasi yang diundang. Pelaksanaan proyek ditargetkan selama 12 bulan.

"Jika pelaksanaan pekerjaan dimulai Juli 2019, maka ditargetkan selesai pada Juni 2020," ujarnya.

Perluasan Terminal 1 Bandara Juanda tersebut akan digunakan untuk Terminal Umrah dengan penambahan kapasitas jumlah penumpang mencapai 15 juta pax/tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan renovasi pada Terminal 1 ini bertujuan untuk menyatukan terminal keberangkatan di sisi kiri dan terminal kedatangan di sisi kanan, serta meremajakan tampilan interior.

Selain itu juga, untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara, sehingga harapannya di tahun mendatang peningkatan jumlah penumpang bisa diantisipasi.

Selama proses renovasi, operasional bandara tetap bisa berjalan seperti biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Tim Virtual
Tim Virtual
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.