Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Festival ini Ada 4.500 Mangkok Mi Ayam Seharga Rp 5.000 Seporsi

Kompas.com - 29/06/2019, 09:21 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bogasari dan UKM mitra binaan yang tergabung dalam Paguyuban Mie Tunggalrasa kembali menghadirkan Festival Mie 2019. Festival Mie 2019 yang ke-4 ini akan berlangsung di Lapangan Pandapa Paramarta, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (30/6/2019).

Festival mi yang pertama kali digelar di Kuningan ini merupakan apresiasi Bogasari kepada para UKM yang bergerak di sektor mie ayam, khususnya Paguyuban Mie Tunggalrasa Cirebon. Secara khusus, dalam festival ini akan disiapkan 4.500 porsi mi ayam dengan harga spesial Rp 5.000 per porsi.

"Harga spesial ini merupakan apresiasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat bahwa mi ayam adalah makanan yang disukai banyak orang dan dikenal luas di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, mi ayam kerap mengundang selera kapan saja dan kaya dengan nutrisi," kata Vice President Commercial Bogasari Ivo Ariawan dalam keterangannya, Minggu (30/6/2019).

Baca juga: Mi Instan Jadi Candu Dunia, Indonesia Nomor 2 Pengonsumsi Tertinggi

Ivo mengatakan, dalam kegiatan ini Bogasari bekerja sama dengan berbagai paguyuban di daerah-daerah menggelar safari festival mi. Untuk tahun ini, sudah digelar di Purwakarta, Solo dan Bogor. Semuanya berlangsung sukses dan meriah. Bahkan sebelum jam 12 siang, ribuan porsi mi ayam yang disiapkan langsung ludes diserbu masyarakat.

Ivo menambahkan, Festival Mie 2019 yang akan berlangsung di 15 kota. Di wilayah Jawa Barat sendiri ada empat paguyuban yakni Paguyuban Samiraos Purwasuka (Purwakarta, Subang, Karawang), Paguyuban Mie Gajah Mungkur Bogor, Paguyuban Mie Bogor Depok, Paguyuban Mie Tunggal Rasa Cirebon.

"Keberadaan paguyuban ini juga menunjukkan bahwa UKM mitra binaan Bogasari yang sudah tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC) cukup banyak yakni mencapai angka hampir 9.000 UKM. Mereka bergerak di berbagai jenis makanan dan yang terbanyak di sektor jajanan pasar, menyusul roti, cake, mi dan seterusnya. Dan Bogasari tidak hanya akan mendorong pertumbuhan usaha UKM yang sudah menjadi anggota BMC, tapi juga menumbuhkan UKM-UKM baru," tuturnya.

Festival yang digelar Bogasari kerja sama dengan Paguyuban Mie Tunggalrasa Cirebon ini akan berlangsung pada Minggu besok sejak pukul 7.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Mie 2019 Kuningan Arief Komara, mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 30 penjaja dari berbagai UKM yang merupakan anggotanya. Mereka berasal dari wilayah Cirebon, Kuningan dan Majalengka.

"Antara lain Mie Putra Giri, Mie Jaya, Mie Tunggal Rasa Bang Ono, Mie Hajjah Lie. Mie Ayam Sudarno, Mekarwangi Mie, dan masih banyak lagi," katanya.

Arief menuturkan, selain memanjakan masyarakat pengunjung dengan 4.500 mangkok mi ayam dan harga spesial, juga disiapkan berbagai hadiah doorprize senilai total puluhan juta rupiah dengan hadiah utama sepeda motor.

Hadiah doorprize lainnya adalah TV LED, kulkas, sepeda dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk para penjaja, panitia menggelar lomba dengan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

"Seru, kan. Makan mi ayam enak dengan hanya membeli kupon seharga Rp 5.000 dan ada doorprize-nya. Ini pasti akan menjadi festival mie yang sangat menarik," ujarnya.

Tidak hanya menyantap mi ayam murah dan enak, panitia juga menyiapkan stan penjualan aneka jajanan pasar, martabak dan pangsit. Pengunjung juga dapat berbelanja aneka makanan dan minuman produk grup Indofood dengan harga spesial.

Di samping itu, Bogasari akan mendemonstrasikan pembuatan mi yang akan dibawakan baker dari Bogasari Baking Center (BBC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com