Ada 7 Calon Emiten Antre untuk Melantai di Bursa

Kompas.com - 30/06/2019, 06:57 WIB
Ilustrasi bursa thikstockIlustrasi bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi perhelatan initial public offering ( IPO) kian menggeliat. Memasuki semester kedua tahun ini, setidaknya ada tujuh calon emiten yang sudah mengantre untuk mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia ( BEI).

Tujuh calon emiten yang bakal listing bulan depan ini datang dari berbagai sektor, mulai dari industri kemasan hingga perusahaan teknologi, dengan nilai emisi beragam.

Inocycle menawarkan emisi terbesar. Perusahaan ini menawarkan saham perdana di kisaran harga Rp 240-Rp 380 per saham. Dengan asumsi harga saham perdana Rp 380, calon emiten ini bisa meraup dana sekitar Rp 304 miliar.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan, secara industri, para emiten pendatang baru cukup menarik. Namun, hal ini belum tentu bisa tercermin di pergerakan sahamnya.

Baca juga: Sweet Seventeen Melantai di Bursa, Kresna Dorong Perusahaan Anak IPO

"Dengan emisi yang kecil, pergerakannya sulit diprediksi dan belum tentu likuid," terang Suria, Jumat (28/6/2019).

Bahkan, tak jarang volatilitasnya tinggi sehingga menjadi sangat spekulatif. Ini bisa terjadi lantaran emisi yang kecil, sehingga harga sahamnya mudah digerakkan.

Setali tiga uang, Analis MNC Sekuritas Thendra Crisnanda menyebut, perusahaan logistik dan rokok cukup menarik saat ini. Soal harga saham, IPO dengan emisi yang kecil cenderung melesat di hari perdana.

"Ini juga didukung oleh track record underwriter serta biasanya saham IPO strategis telah memiliki anchor buyer," ujar dia.

Baca juga: Klub Sepakbola Nasional Banyak yang Tertarik IPO

Namun, kenaikan harga saham di saat listing bukan jaminan saham tersebut memiliki prospek yang baik. "Disarankan cermati kinerja pasca IPO jika ingin agresif beli di pasar sekunder," imbuh dia.

Sementara, menurut Suria, dari tujuh calon tersebut, Inocycle Technology yang paling menarik. Bukan hanya dari sisi industrinya, tapi juga emisinya yang cukup besar. (Arfyana Citra Rahayu)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tujuh calon emiten yang sudah mengantre untuk mencatatkan sahamnya di BEI

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X