Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Domestik dan Kargo

Kompas.com - 30/06/2019, 14:11 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan bahwa Bandara Kertajati sudah siap melayani penerbangan domestik dengan pesawat jet. Seluruh fasilitas dan layanan di sejumlah area seperti keberangkatan dan kedatangan, hingga transportasi publik sudah tersedia saat penerbangan domestik beroperasi di Kertajati.

Diketahui, bandara ini mulai melayani penerbangan domestik dengan pesawat jet pada hari ini, Minggu (30/6/2019).

Adapun rutenya yakni untuk penerbangan AirAsia Indonesia akan take off (rute Kertajati-Denpasar) dan Garuda Indonesia landing (rute Denpasar-Kertajati).

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, sejumlah persiapan sudah dilakukan supaya pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati berjalan mulus dan lancar.

Baca juga: Per 1 Juli 2019, Berikut Daftar Rute Operasional Bandara Kertajati

“AP II selaku operator Bandara Kertajati berkomitmen penuh menghadirkan standar tinggi pelayanan sehingga Kertajati dapat menjadi kebanggaan masyarakat khususnya Jawa Barat,” ujar Yado dalam keterangan tertulis, Minggu (30/6/2019).

Executive General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Kertajati Ibut Astono mengatakan, di area keberangkatan, terdapat 26 unit meja check-in agar penumpang dapat cepat memproses keberangkatan dan mendukung kelancaran penerbangan. 

"Selain meja check-in, terdapat 6 unit mesin self check-in yang dapat semakin mempersingkat waktu penumpang dalam memproses keberangkatan," kata Ibut.

Kertajati juga dilengkapi dengan 77 unit flight information display system (FIDS) yang menginformasikan jadwal penerbangan. Untuk memantau keamanan, bandara ini memiliki 294 unit CCTV.

Baca juga: Garuda Berharap Akses Infrastruktur di Bandara Kertajati Ditingkatkan

Adapun fasilitas pendukung di lokasi pemeriksaan penumpang pesawat (security check point/SCP) terdapat 12 unit x-ray, 10 unit walkthrough metal detector (WMTD), serta puluhan handheld metal detector.

Angkasa Pura II juga mengoperasikan enam unit garbarata yang menghubungkan terminal keberangkatan dengan pintu pesawat untuk mempermudah proses penumpang naik pesawat

Sementara itu, di area kedatangan, baggage handling system (BHS) dilengkapi dengan 4 baggage claim conveyor yang mengantar bagasi dari pesawat ke penumpang.

Ketika tiba di Kertajati, penumpang pesawat dapat memilih beragam alternatif moda transportasi publik untuk menuju tujuan akhir. Hingga saat ini, terdapat 11 operator transportasi publik yang melayani rute dari dan ke Kertajati.

Baca juga: Operator Travel Beri Diskon ke Bandara Kertajati, Ini Tarifnya

Seluruh operator transportasi publik yang mengoperasikan bus dan angkutan travel itu juga memberikan diskon tarif sebagai bentuk dukungan mereka bagi kesuksesan Kertajati dan masyarakat luas.

Untuk sisi udara, Kertajati dilengkapi empat parking stand untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan 18 parking stand untuk pesawat berbadan ramping (narrow body). Bandara ini juga memiliki runway dengan dimensi 3.000 meter x 60 meter.

Di sisi logistik, area pelayanan kargo di Kertajati juga sudah siap dioperasikan untuk melayani seluruh penerbangan, termasuk bisnis kargo maskapai. PT Angkasa Pura Kargo (APK), anak usaha dari AP II, mengelola gudang kargo domestik seluas 2.240 meter persergi di Kertajati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com