Citilink Sebut Sudah Turunkan Tarif Penerbangan di Sejumlah Rute

Kompas.com - 30/06/2019, 18:00 WIB
Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta Barat, Rabu (23/1/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta Barat, Rabu (23/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Citilink Indonesia sebagai maskapai penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) mengklaim telah menurunkan harga tiket pesawat di beberapa rute dan waktu tertentu.

Hal ini menyusul keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang meminta maskapai LCC menurunkan tarif penerbangan.

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo memastikan akan mematuhi ultimatum pemerintah.

"Kita pasti patuhi rekomendasi regulator. Sebenarnya ada yang kita lakukan penurunan di beberapa waktu," kata Juliandra di Jakarta, Minggu (30/6/2019).

Namun, Juliandra tak menyebutkan rute mana saja yang ia maksud. Diakuinya memang belum banyak, tapi saran dari pemerintah itu tetap dijalankan. Ke depan, mereka akan meninjau kembali rute mana lagi yang akan diturunkan tarif tiket pesawatnya.

Baca juga: Harga Tiket LCC Turun, Bagaimana dengan Maskapai Full Service?

"Kita evaluasi lagi rute mana yang akan kita turunkan," kata Juliandra.

Sebelumnya, Menteri Darmin memberi tenggat waktu hingga 1 Juli 2019 kepada maskapai penerbangan LCC untuk menurunkan tarif pesawat. Ia memastikan akan menagih maskapai jika pada hari tersebut maskapai tersebut tak juga menurunkan harga.

“Nanti pokoknya senin kalau enggak ada (penurunan harga tiket pesawat) ya kita tagih,” ujar Darmin.

Hingga saat ini, pemerintah masih menunggu laporan dari maskapai rute dan jadwal penerbangan mana saja yang akan diturunkan harga tiketnya. Darmin berharap pada Senin pekan depan semua maskapai telah memberi datanya.

“Nanti mereka yang umumkan, kita paling-paling melihat mereka comply atau tidak dengan kesepakatan yang dibuat," kata Darmin.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X