Pengalihan Penerbangan ke Bandara Kertajati Lancar, Ini Catatan Menhub

Kompas.com - 01/07/2019, 09:36 WIB
Bandara Internasional Kertajati. Dok BIJBBandara Internasional Kertajati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengalihan penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka malam tadi berjalan dengan lancar.

"Saya terus memantau pengalihan penerbangan sampai penerbangan terakhir yang mendarat di Bandara Kertajati. Petugas dengan baik menyambut kedatangan penumpang pada penerbangan terakhir tadi malam dan memastikan tidak ada penumpang yang tidak terangkut transportasi darat menuju ke kota tujuan,” kata Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Senin (1/7/2019).

Adapun, pesawat yang mendarat di Bandara Kertajati pada proses pengalihan ini antara lain pesawat Air Asia pukul 08.00 WIB, Garuda Indonesia pukul 14.15 WIB, dan 2 pesawat Lion Air masing-masing pukul 20.12 WIB dan 21.00 WIB.

Baca juga: Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Domestik dan Kargo

Dalam proses pengalihan, beberapa penumpang terlihat memanfaatkan bus Damri yang digratiskan selama 1 bulan. Sementara penumpang lainnya menggunakan travel, taksi online, dan kendaraan pribadi.

Menhub pun mengapresiasi kerja sama stakeholder terkait atas lancarnya pengalihan penerbangan tersebut.

"Saya mengapresiasi Angkasa Pura II, maskapai, Pemprov Jabar, Dishub Jabar, perusahaan angkutan jalan, dan stakeholder terkait lainnya, sehingga pengalihan rute ke Bandara Kertajati pada Minggu, 30 Juni 2019 dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti,” jelas Menhub.

Selain memberikan apresiasi, Menhub juga memberikan beberapa catatan untuk stakeholder terkait.

Menhub mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan sarana transportasi massal yang mampu memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati harus segera dilakukan.

Begitu juga dengan pembangunan fasilitas pendukung di sekitar Bandara Kertajati seperti hotel, pusat makanan, dan oleh-oleh. Dia juga mengimbau stakeholder turut melakukan promosi Bandara Kertajati.

“Saya harap Pemda di Jabar serta pihak-pihak terkait seperti pengusaha hotel, travel, wisata, dan lainnya dapat terus melakukan promosi Bandara Kertajati kepada masyarakat. Misalnya, dengan pemberian diskon hotel untuk penumpang yang akan terbang melalui Bandara Kertajati," kata dia.

Hal ini kata Menhub, untuk membuat Bandara Kertajati ramai pengunjung dan mampu menjadikan Bandara Kertajati sebagai salah satu pusat penerbangan untuk Haji dan umroh. Sebab pemerintah membangun infrastruktur ini memang untuk investasi jangka panjang.

"Pemerintah membangun infrastruktur untuk investasi jangka panjang. Semua infrastruktur yang dibangun pasti akan bermanfaat untuk masyarakat di masa yang akan datang,” tandas Menhub.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X