Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melantai di Bursa, Saham Perusahaan Logistik Ini Langsung Melonjak 49,5 Persen

Kompas.com - 01/07/2019, 11:06 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krida Jaringan Nusantara Tbk, perusahaan yang bergerak di bisnis pengiriman paket dan logistik mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode"KJEN". Krida menjadi emiten ke-18 yang masuk listing selama tahun 2019.

Perusahaan yang telah beroperasi selama 21 tahun itu mengawali bisnisnya dengan jasa pengiriman dokumen dengan konsep BZB. Seiring perkembangan pasar, KJN mengembangkan usahanya mulai dari jasa pengiriman paket hingga jasa pindahan.

Pada pembukaan perdagangan Senin (1/7/2019), saham KJEN langsung menempati posisi pertama daftar emiten dengan kenaikan tertinggi. Sahamnya melonjak 49,5 persen, menyalip POLU yang dalam beberapa hari belakangan menempati posisi teratas. Harga sahamnya pun naik dari Rp 202 persaham menjadi Rp 302 per saham.

Baca juga: Ada 7 Calon Emiten Antre untuk Melantai di Bursa

Direktur Utama PT KJN Dewi mengatakan, pencatatan saham di BEI menjadi momen penting bagi mereka yang mengawali usaha sebagai usaha mikro. Ia menambahkan, perkembangan infrastruktur dan peningkatan pasar e-commerce memberikan kontribusi besar pada industri jasa pengiriman.

"Sehingga kamimpercaya diri melangkah ke lantai bursa melakukannoenawaran umum dan dapat dana segar dari investor untuk modal usaha kami," kata Dewi di Main Hall BEI, Jakarta, Senin pagi.

Masa penawaran umum telah dilakukan pada tanggal 21-24 Juni 2019 dengan harga penawaran Rp 202 perlembar. Sehingga Perseroan akan memperoleh dana sebesar Rp 30,3 miliar. Ternyata, selama masa penawaran, PT KJN mendapat respons positif dari pasar sehingga terjadi oversubscribed sebanyak 4,58 kali.

Dana hasil IPO akan digunakan sebagai modal untuk membuka outlet baru. Hingga 2020, KJN menargetkan 1.000 outlet yang akan dikerjasamakan dengan konsep kemitraan yang didukung oleh jaringan infrastruktur logistik dan backend teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com