Fresh Graduate, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Negosiasi Gaji

Kompas.com - 01/07/2019, 11:36 WIB
Ilustrasi wawancara kerja MangoStar_StudioIlustrasi wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya kuliah Anda selesai juga setelah banyak pertumpahan keringat dan waktu dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Sekarang tiba saatnya mencari pekerjaan baru untuk meniti karier dan melanjutkan hidup. Tentunya ada banyak proses panjang yang mungkin akan kamu lalui. 

Anda yang lulusan baru atau freshgrad, biasanya memang kesuliatan soal negosiasi gaji. Apalagi saat masih kuliah, enggak ada mata kuliah yang mengajarkan cara nego gaji untuk karyawan lulusan baru. Makanya enggak jarang yang tiba-tiba kaget ketika nego gaji pertama kali.

Apa saja yang harus diperhatikan saat nego gaji untuk karyawan lulusan baru?

Baca juga: Simak, 5 Saran Terbaik Menggunakan Gaji Anda

Berikut ini beberapa tips dan cara nego gaji untuk karyawan lulusan baru yang perlu kamu tahu melansir platform penyedia lowongan kerja, Kalibrr, Senin (1/7/2019).

1. Kenali kisaran gajinya

Terkadang, nego gaji itu ibarat berdagang. Kenapa bisa dibilang begitu yah? Ya, karena bagaimanapun juga ini bicara soal kesepakatan antara kamu dan rekruter atau pencari kerja.

Sama kayak berdagang, hal utama tentu saja untuk mencapai kesepakatan nilai gaji yang menguntungkan buat kedua belah pihak.

Namun, sebelum kamu mengajukan angka gaji yang kamu inginkan, ada baiknya kamu kenali dahulu kisaran gaji yang sesuai untuk posisi yang hendak kamu lamar. Jangan lupa juga sesuaikan dengan skill yang kamu punya, supaya angka yang kamu sebut tidak terkesan asal-asalan, dan membuat rekruter jadi “ilfil”.

2.  Pamer skill kamu dulu

Seperti yang diutarakan di atas, nego gaji itu ibarat seperti berdagang, ada banyak faktor yang harus diperhatikan supaya kedua belah pihak, baik rekruter dan juga dirimu sama-sama untung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X