Cara Berutang yang Baik lewat Pinjaman Online

Kompas.com - 01/07/2019, 16:56 WIB
Direktur of Corporate Affairs dan Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih saat menjelaskan kompetisi menulis bertema fintech untuk awak media di Jakarta, Senin (1/7/2019). FIKA NURUL ULYADirektur of Corporate Affairs dan Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih saat menjelaskan kompetisi menulis bertema fintech untuk awak media di Jakarta, Senin (1/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform pinjaman online alias penyedia kredit virtual banyak bermunculan di Indonesia, salah satunya Akulaku. Namun, masih banyak masyarakat di luar sana yang terjebak penawaran pinjaman online ilegal hingga akhirnya terlilit utang tak terduga.

Lalu, bagaimana cara berutang yang baik menggunakan jasa penyedia kredit virtual? Simak 4 caranya berikut ini.

1. Lihat platformnya

Direktur of Corporate Affairs dan Public Relations Akulaku Anggie Setia Ariningsih mengatakan, jangan selalu tergiur bila Anda menerima penawaran untuk meminjam uang di penyedia kredit virtual.

Sebelum percaya terhadap platform tersebut, Anda disarankan untuk mencari tahu platform tersebut.

"Cari dulu nama platform yang menawarkan. Misalnya, saya pernah dapat SMS bertuliskan "Selamat pengajuan Anda berhasil. Mohon periksa kembali data Anda". Padahal saya enggak pernah mengajukan pinjaman. Nah SMS semacam itu biasanya kalau di-klik URL-nya terlihat nama platformnya. Kemudian cari tahu," kata Anggie Setia Ariningsih di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Selain itu, pengecekan juga bisa Anda lakukan di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Situs resmi tersebut akan menampilkan platform legal yang terdaftar di OJK. Platform yang terdaftar pun patuh terhadap aturan yang ada seperti batas pengenaan bunga kepada nasabah dan sebagainya.

Baca juga: Fokus ke Pengusaha Kecil, Akulaku Sudah Gelontorkan Rp 9,8 Triliun

2. Tahu kebutuhan Anda

Sebelum meminjam, pastikan Anda mengetahui kebutuhan utama Anda. Jika memang tidak terlalu membutuhkan, lebih baik hindari hutang di jasa penyedia kredit virtual.

"Kalau enggak butuh enggak usah pinjam. Misalnya mau liburan keluarga, mau beli tiket. Pinjamnya untuk beli tiket saja, titik," kata Anggie.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X