Trump: Kesepakatan Dagang dengan China Harus Untungkan AS

Kompas.com - 02/07/2019, 06:37 WIB
Presiden AS Donald Trump saat memberikan pidato dalam acara Asosiasi Senapan Nasional (NRA) di Indianapolis, Jumat (26/4/2019). AFP / SETH HERALDPresiden AS Donald Trump saat memberikan pidato dalam acara Asosiasi Senapan Nasional (NRA) di Indianapolis, Jumat (26/4/2019).

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, negosiasi perdagangan dengan China terus berlangsung.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (1/7/2019) waktu setempat, Trump menyebut, kesepakatan yang nantinya diputuskan untuk menyelesaikan perang dagang antara kedua negara tersebut harus menguntungkan Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Reuters, sebelumnya Trump telah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6/2019). Di dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakatan untuk memulai kembali negosiasi perdagangan setelah negosiasi terakhir yang gagal terjadi pada Mei 2019.

Dia mengatakan, negosiator AS dan China melakukan pembicaraan baik melalui sambungan telepon maupun bertemu langsung.

Baca juga: Sri Mulyani: Perang Dagang Lanjut, Ekonomi Dunia Hanya Capai 3,1 Persen

"(Perbicangan) telah dimulai. Saya pikir kita memiliki kesempatan yang bagus untuk mencapai kesepakatan," ujar Trump.

Trump mengharapkan China bisa lebih mendekatkan dirinya kepada AS pada kesempatan kali ini. Adapun proses negosiasi sebelumnya terhenti di bulan Mei lantaran Amerika Serikat menuduh China telah melanggar janji yang sebelumnya sudah disepakati.

Trump mengatakan, China telah mendapatkan untung yang begitu besar selama melakukan proses perdagangan dengan Amerika Serikat selama bertahun-tahun.

"Jadi secara jelas kesepakatan dengan China tidak mungkin 50-50. Kesepakatan tersebut harusnya lebih condong pada keuntungan kita," ujar dia.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X