Cara Bikin Resume supaya Dilirik Manajer SDM

Kompas.com - 02/07/2019, 07:34 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Gary Burnison, CEO Korn Ferry, sebuah perusahaan konsultan global yang membantu perusahaan memilih dan merekrut talenta terbaik mengatakan dirinya pernah terkesima dengan susunan resume atau data diri seseorang.

Padahal dia mengaku telah menerima ribuan resume sepanjang karirnya, semuanya terlalu panjang, terlalu pendek, terlalu membosankan, terlalu banyak kesalahan ketik, terlalu sulit untuk dibaca, dan setiap tata letak yang bisa dibayangkan. Apalagi resume hanya berkontribusi 10 persen dari keputusan perekrutan.

"Beberapa tahun yang lalu, saya terkejut menemukan resume yang benar-benar berhasil membuat saya terkesan. Bahkan, itu adalah salah satu resume terbaik yang pernah saya lihat dalam 20 tahun perekrutan dan wawancara," kata Gary Burnison dikutip dari CNBC, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Butuh Pengalaman untuk Mengisi Resume Pekerjaan? Simak 3 Cara Berikut

Inilah isi resume tersebut yang membuatnya menonjol dari yang lain:

1. Mudah dibaca

Resume ini memiliki banyak ruang kosong dan panjangnya dua halaman. Inilah yang diharapkan jika Anda memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman.

Semuanya terorganisasi dengan baik: Penempatan garis tepat, nama perusahaan dicetak tebal, judul ditulis miring, dan rincian pekerjaan diatur dalam poin-poin. Tentu saja tidak ada kesalahan ketik tunggal yang dapat ditemukan.

"Saya suka pemilihan font-nya tidak mewah. Sementara kandidat lain membuang-buang waktu untuk memilih font. Saya tidak akan mempertimbangkan Times New Roman versus Calibri, tetapi saya akan mengatakan bahwa itu harus selalu sederhana dan mudah dibaca," kata Burnison.

2. Menceritakan sebuah kisah

Resume ini menceritakan tentang perjalanan karier kandidat. Tidak ada kesenjangan informasi, semua teratur dari atas ke bawah, ada kata "sebelum dan sesudah" yang jelas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X