Kompas.com - 02/07/2019, 13:46 WIB
Ilustrasi ReutersIlustrasi
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bakal bertemu dengan CEO SoftBank Masayoshi Son pada bulan depan.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keduanya bakal membahas soal pendanaan serta berbagai proyek di Indonesia. Pasalnya, Softbank memiliki pendanaan sebesar 100 miliar dollar AS.
 
Seperti diketahui, Softbank merupakan perusahaan konglomerasi asal Jepang yang kerap menggelontorkan dana kepada perusahaan-perusahaan rintisan (startup) yang telah naik kelas menjadi unicorn. Beberapa  startup diketahui telah mendapatkan suntikan dana dari Softbank seperti Tokopedia, Grab, dan Uber.

Baca juga: SoftBank Melantai di Bursa, Jadi IPO Terbesar di Tokyo

"SoftBank itu nanti tanggal 12 atau 14 Agustus akan ketemu Presiden Joko Widodo. Nanti Masayoshi (CEO SoftBank) yang datang sendiri ke Indonesia," ujar Luhut di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Walaupun demikian, Mantan Menko Polhukam ini mengatakan SoftBank belum memberikan rincian besaran dana yang bakal ditanamkan di Indonesia.


Kendati demikian, Luhut belum memastikan berapa nilai Saat ini, pemerintah pun tengah mencari proyek-proyek mana yang bisa ditawarkan ke Softbank.

"Kita akan tawarkan beberapa proyek-proyek ke mereka," ujarnya.
 
 
Selain itu, Softbank bisa saja bakal menyuntikkan dana kepada perusahaan rintisan unicorn asal Indonesia. 

"Bisa saja seperti ini, dia masuk Grab, Go-Jek, bisa saja unicorn lain seperti Aruna yang baru, FishOn," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.