KILAS

Harga Ayam Ditingkat Peternak Mulai Naik, Masyarakat Tak Perlu Panik

Kompas.com - 02/07/2019, 13:48 WIB
Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan) Sugiono mengatakan, sebaiknya masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan yang terjadi pada ayam potong di tingkat peternak.   Sebaliknya, semua pihak harus bisa menjaga kondisi ini agar bertahan selama mungkin. Dok. Humas KementanDirektur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan) Sugiono mengatakan, sebaiknya masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan yang terjadi pada ayam potong di tingkat peternak. Sebaliknya, semua pihak harus bisa menjaga kondisi ini agar bertahan selama mungkin.

KOMPAS.com - Terdapat kenaikan harga ayam peternak di beberapa wilayah di Pulau Jawa.

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian ( Kementan) Sugiono mengimbau kepada masyarakat, kenaikan ayam di peternak tersebut tidak akan mempengaruhi harga ayam daging di tingkat konsumen.

"Tidak ada pengaruh kepada harga ayam untuk konsumen karena harga ayam hidup di peternak dan harga daging di konsumen itu beda acuanya," ujar Sugiono melalui rilis tertulis, Selasa (2/7/2019).

Sugiono mengatakan sebaiknya masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan yang terjadi pada ayam potong di tingkat peternak.

Sebaliknya, semua pihak harus bisa menjaga kondisi ini agar bertahan selama mungkin.

"Kalau bisa kenaikan ini terkendali supaya kesejahteraan peternak juga meningkat dan konsumen senang. Kalau harga di pasaran harus stabil terus, itu lah yang kami harapkan bersama," katanya.

Baca juga: Disparitas Harga Ayam Tinggi, Kementan Siapkan Langkah Ini

Sebelumnya, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Fini Murfiani mengatakan ada kenaikan harga ayam hidup di tingkat peternak pada beberapa hari terakhir.

"Hal ini membuktikan upaya Kementan bersama stakeholder perunggasan mulai membuahkan hasil," ujarnya.

Harga serupa juga terjadi di tiga wilayah sentra produksi ayam potong, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sejauh pantauan tim monitoring dan investigasi Kementan, tiga wilayah itu mengalami kenaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X