Saat Wawancara Kerja, Jangan Katakan 4 Kebohongan Ini

Kompas.com - 02/07/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika wawancara kerja, sebaiknya Anda tidak mengumbar kebohongan kepada pihak pewawancara. Sebab, orang yang berbohong saat wawancara kerja atau pada CV-nya dapat stres karena membuat kebingungan saat proses perekrutan.

Dampaknya pun bisa buruk apabila pewawancara tahu Anda berbohong. Berkata jujur selalu bagus, meskipun Anda sebaiknya menunggu sampai diminta berbicara mengenai informasi tentang Anda.

Dilansir dari Popsugar, Selasa (2/7/2019), berikut ini adalah 4 kebohongan yang tidak boleh Anda katakan saat wawancara kerja.

1. "Ya, saya tinggal di dekat sini"

Jika Anda menggunakan alamat yang berbeda dalam penulisan CV agar lokasinya relatif dekat dengan kantor perusahaan, jangan berbohong ketika wawancara kerja. Ketika pewawancara bertanya di mana Anda tinggal, katakan sejujurnya, namun beritahu mereka bahwa Anda bersedia pindah untuk pekerjaan ini.

Apabila Anda berbohong, ingatlah bahwa bisa saja ada beberapa rangkaian wawancara kerja dan Anda harus bolak-balik demi wawancara. Jika pewawancara berpikir Anda tinggal di dekat kantor, maka bisa saja mereka memberitahu secara mendadak.

Baca juga: Jangan Telat Wawancara Kerja, Harus Tiba Berapa Menit Lebih Awal?

2. Berbohong soal gaji sebelumnya

Apabila pewawancara bertanya tentang gaji Anda di perusahaan sebelumnya, kandidat kerap "memoles" angka gaji dengan menaikkannya sedikit. Namun, kebohongan ini sebaiknya jangan lakukan.

Memberikan informasi yang tidak benar soal gaji Anda sebelumnya bisa saja diketahui dengan mudah kebenarannya oleh pewawancara. Selain itu, sikap ini juga dianggap tidak etis.

Jika Anda tidak ingin membeberkan gaji Anda sebelumnya, katakan bahwa hal ini bagi Anda tak ada kaitannya dengan pekerjaan saat ini. Selain itu, beritahu saja kisaran gaji pada industri yang Anda geluti.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X