Sebanyak 99,9 Persen Satker Sudah Cairkan Gaji ke-13

Kompas.com - 02/07/2019, 19:32 WIB
Ilustrasi rupiah.THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDI Ilustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan mencairkan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri, dan pensiunan pada hari ini, Selasa (2/7/2019).

Untuk PNS, Kemenkeu menganggarkan Rp 20 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hingga saat ini, hampir 100 persen satuan kerja pemerintah telah mencairkan gaji ke-13.

"Hri ini sudah dibayarkan ke 99,9 persen keseluruhan untuk gaji ke-13," ujar Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Selasa petang.

Hal tersebut ia sampaikan saat memaparkan kinerja APBN 2019, terutama saat menyinggung belanja pegawai.

Diketahui, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 381,6 triliun untuk belanja pegawai sepanjang tahun ini dalam APBN 2019. Angkanya terdiri dari Rp 224,4 triliun untuk belanja pegawai kementerian dan lembaga dan sebesar Rp 157,15 triliun untuk belanja pegawai non kementerian dan lembaga.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, pembayaran gaji ke-13 terdiri dari gaji pokok dengan nilai yang sama dengan bulan Juni, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, hingga tunjangan kinerja.

Pembayaran gaji ke-13 memang dijadwalkan pada pertengahan tahun, tepatnya menjelang tahun ajaran baru pendidikan untuk menjadi penunjang biaya pendidikan anak-anak dari para aparatur sipil negara.

Pembayaran gaji ke-13 juga diharapkan menjadi stimulus bagi konsumsi masyarakat sehingga mendukung perekonomian secara keseluruhan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X