Saingi Alibaba, Ritel AS Ini akan Investasi 1,2 Miliar Dollar AS di China

Kompas.com - 03/07/2019, 10:02 WIB
Gerai Walmart Kathy deWitt / AlamyGerai Walmart

HONGKONG, KOMPAS.com - Walmart (WMT), raksasa ritel AS, berencana bakal mengucurkan investasi ke dalam bisnisnya di China sebesar 8 miliar yuan atau sekitar 1,2 miliar dollar AS.

Kucuran dana ini ditengarai karena menghadapi persaingan yang semakin ketat dari pesaing lokal dan pengecer online.

Pengecer yang berbasis di Arkansas dan berada di China sejak tahun 1996 ini mengaku tengah menghadapi persaingan dengan supermarket lokal online besutan Jack Ma, Alibaba (BABA). Apalagi, Alibaba telah mengembangkan bisnis bahan makanan dalam beberapa tahun terakhir.

Adapun, investasi ini akan digunakan untuk meningkatkan pengiriman bahan makanan.

"Walmart terus meningkatkan investasi dalam logistik rantai pasokan untuk menyediakan produk-produk segar dan meningkatkan layanan kami untuk pelanggan baru," kata Ryan McDaniel, Kepala Logistik Internasional Walmart dikutip dari CNN, Rabu (3/7/2019).

Selama ini Walmart telah berhasil menginvestasikan 700 juta yuan atau sekitar 102 juta dollar AS untuk membangun pusat distribusi barang tahan lama di China Selatan. Hal ini dilakukan karena semakin meningkatnya tren belanja online.

Walmart pun telah menginvestasikan lebih dari 300 juta dollar AS di perusahaan mitranya, JD.com (JD) dalam platform pengiriman China Dada-JD Daojia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya, Walmart masuk ke pasar China karena melihat peluang bisnis yang sangat signifikan untuk pengembangan bisnis. Walmart pun membuka gerai pertama di Shenzen tahun lalu.

Perkembangan gerai tersebut terus berlanjut hingga Januari 2019. Saat ini, perusahaan telah memiliki 443 toko di Cina, termasuk merek Walmart dan anak perusahaan yang menjadi anggota Sam's Club.

Ekspansinya ke China mampu menarik 10,7 miliar dollar AS tahun lalu, kurang dari sepersepuluh dari pendapatan internasionalnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.