Incar Brand Besar, Satyamitra Bidik Produksi Kemasan Kotak Ponsel

Kompas.com - 03/07/2019, 12:14 WIB
Marketing and Operational Director Satyamitra Herryanto S Hidayat saat ditemui di Jakarta, Selasa (2/7/2019). AMBARANIE NADIA KEMALAMarketing and Operational Director Satyamitra Herryanto S Hidayat saat ditemui di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk mengalami perkembangan cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir sebagai industri pengemasan.

Perseroan mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 23,70 persen menjadi Rp 1,67 triliun pada 2017. Kemudian pada 2018, terjadi pertumbuhan 30,54 persen menjadi Rp2,18 triliun.

Marketing and Operational Director Satyamitra Herryanto S Hidayat mengatakan, dari semula memproduksi boks karton saja, kemudian merambah ke segmen offset printing, pre-print, dan rigid box. Produk tersebut membuat Satyamitra tak hanya sebagai produsen kemasan luar, tapi juga kemasan dalam.

Sebagian besar pelanggan perseroan berasal dari sektor konsumer dan teknologi, di antaranya Unilever Group, Adidas, Indofood Group, Mayora Group, Oppo, Lenovo, Smartfren, dan Polytron.

Baca juga: IPO, Satyamitra Kemas Lestari Tawarkan Harga Rp 193 Per Saham

Menurut Herry, prospek industri pengemasan yang semakin potensial ke depannya adalah kotak ponsel dan sepatu.

"Kita lihat prospeknya saat ini market-nya mulai tinggi. Sampai hari ini kita terus kembangkan ini, fokus ke industri kemasan HP," ujar Herry di Jakarta, Selasa (1/7/2019).

Apalagi, industri teknologi berkembang pesat. Berbagai macam gadget tengah digandrungi. Saat ini ponsel 5G tengah dikembangkan, yang mana akan menggeser ponsel-ponsel yang masih mengadopsi 4G.

"Growth-nya akan tinggi sekali dan kita punya kesempatan terbesar di situ karena sudah memegang brand besar," kata Herry.

Baca juga: Desain Kemasan dan Merek Industri Kecil Diperkuat

Kemasan carton box mendominasi penjualan sebesar 55,05 persen terhadap penjualan pada 2018. Selain kotak ponsel, kotak sepatu juga menjadi salah satu produksi terbanyak Satyamitra.

Setiap bulannya, kapasitas produksi kotak sepatu untuk berbagai merk ternama sekitar 20 juta kardus.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X