Fresh Graduate, Ini 5 Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Impian

Kompas.com - 03/07/2019, 12:44 WIB
Ilustrasi: wawancara kerja ShutterstockIlustrasi: wawancara kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjajaki pertama kali ke dunia kerja adalah langkah yang menyenangkan setelah bertahun-tahun belajar di pendidikan formal.

Terjun ke dunia nyata adalah langkah besar, salah satu tantangan terbesar yang perlu disoroti adalah keterampilan dan pengalaman kerja, di mana Anda belum memiliki pengalaman kerja.

Berikut ini 5 tips untuk membantu Anda agar sukses medapatkan pekerjaan, dikutip dari platform penyedia lowongan kerja JobsDB, Rabu (3/7/2019).

1. Baca deskripsi pekerjaan dengan jelas dan pahami

Hal ini sangat penting, terlepas dari seberapa kuat resume Anda. Jika Anda lalai menyertakan cover letter atau surat lamaran atau tidak menyesuaikan resume Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar, Anda akan menipu diri sendiri dari kesempatan untuk mendapatkan wawancara.

Jika iklan pekerjaan meminta surat pengantar, pastikan untuk menyertakannya. Pastikan Anda benar-benar membaca iklan pekerjaan dan meneliti perusahaan yang dilamar.

Kemudian, buatlah resume yang sesuai. Ini adalah kesan pertama yang dimiliki perusahaan tentang Anda, jadi berusahalah untuk mengesankan.

Sorot pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki yang sesuai pekerjaan yang Anda lamar.

Baca juga: Buat Fresh Graduate, Perusahaan Cari Kandidat yang Punya 8 Kriteria Ini           

2. Aktif dalam organisasi dan kompetisi kampus

Prestasi akademik adalah penting, tetapi pastikan untuk aktif dalam organisasi dan kompetisi yang telah Anda ikuti melalui kampus atau kegiatan ekstra kurikuler juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X