5 Fakta Lesunya ITC di Jakarta, dari Permata Hijau hingga Mangga Dua

Kompas.com - 03/07/2019, 12:48 WIB
Penjual baju di ITC Kuningan Jakarta yang sepi pengunjung, Selasa (2/7/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAPenjual baju di ITC Kuningan Jakarta yang sepi pengunjung, Selasa (2/7/2019).

KOMPAS.com – Sempat menjadi primadona di era awal 2000-an, sejumlah bisnis ritel di Ibu Kota mulai melemah sejak beberapa tahun terakhir.

Melemahnya geliat usaha di pusat-pusat perbelanjaan ini terlihat di beberapa ritel di Jakarta. Seperti yang terjadi di beberapa International Trade Center (ITC) atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya.

Banyak faktor yang menyebabkan bisnis besar ini kian kehilangan pamor dari waktu ke waktu.

Misalnya, keberadaan usaha yang bersifat daring atau online, juga merebaknya toko-toko waralaba hingga ke daerah-daerah.

Faktor lain adalah semakin terbatasnya waktu yang dimiliki masyarakat untuk pergi ke sebuah pusat perbelanjaan, bisa karena macet, sibuk dengan pekerjaan, lelah fisik, dan sebagainya.

Lesunya bisnis ini tidak hanya terlihat dari sepinya pengunjung, tetapi juga pengakuan para pelaku bisnisnya.

Berikut ini 5 fakta, dari ITC Kuningan, ITC Permata Hijau, hingga pusat perbelanjaan Mangga Dua:

1. Kios disewakan bahkan dijual

Banyak kios di ITC Kuningan yang disewakan bahkan dijual melalui platform e-commerce, karena saking sepinya pengunjung dan pembeli.

Informasi ini didapatkan dari keterangan seorang karyawan di Lantai Dasar ITC Kuningan bernama Novi.

“Toko ini (menunjuk toko di depannya) kemarin uji coba sebulan, tapi habis itu langsung tutup. Di atas lebih banyak lagi yang tutup, kan pada dijualin di OLX,” kata Novi, Selasa (2/7/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X