S&P Naikkan Peringkat Kredit Perusahaan Petrokimia RI Ini

Kompas.com - 03/07/2019, 20:22 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk memperoleh kenaikan peringkat kredit dari lembaga pemeringkat Standard and Poor’s. Perseroan menerima peringkat BB- dengan outlook stable untuk kategori kredit jangka panjang.

Peringkat tersebut merupakan satu peringkat diatas B+ yang merupakan rating sebelumnya. Peningkatan peringkat ini seiring dengan penguatan kualitas kredit induk usaha CAP, PT Barito Pacific Tbk.

Peningkatan peringkat BB- turut berlaku untuk obligasi senior tanpa jaminan senilai 300 juta dollar AS yang diterbitkan CAP. Dengan adanya peningkatan ini, peringkat kredit internasional CAP dari tiga lembaga pemeringkat global  menjadi selaras, mulai dari peringkat Ba3 dari Moody’s, BB- dari Fitch dan BB- dari S&P.

Rating tersebut adalah empat peringkat di bawah sovereign rating Indonesia yaitu Baa2 untuk Moody’s, BBB untuk Fitch, dan BBB untuk S&P.

Baca juga: Chandra Asri Petrochemical Dapat Insentif Pajak Bangun Pabrik Baru

“Kami menyambut baik peningkatan peringkat yang diberikan S&P, bagi kami ini adalah rekognisi eksternal yang positif terhadap progres dan upaya yang kami lakukan untuk memperkuat kualitas kredit CAP," kata Erwin Ciputra, Presiden Direktur CAP dalam keterangannya, Rabu (3/7/2019).

Erwin menuturkan, perseroan akan terus menjaga tata kelola perusahaan dengan baik, mempertahankan likuiditas dan neraca yang kuat untuk mendukung performa finansial perusahaan. Ini sejalan dengan langkah perkembangan dan ekspansi di masa mendatang.

Peningkatan peringkat kredit ini, sebut Erwin, turut mencerminkan peningkatan fundamental melalui strategi bisnis Perseroan untuk diversifikasi produk dan ekspansi kapasitas produksi guna memenuhi permintaan produk petrokimia dalam negeri yang terus meningkat.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X