Bos Lion Air hingga Mantan Dirut BEI Daftar Jadi Anggota BPK

Kompas.com - 03/07/2019, 22:02 WIB
Pemilik Lion Group Rusdi Kirana KOMPAS.com/ Yoga SukmanaPemilik Lion Group Rusdi Kirana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran anggota baru Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) RI tidak hanya dihiasi oleh para politikus, namun juga hadir dari kalangan pengusaha.

Dari sekitar 64 nama yang mendaftar, terselip dua nama yang sudah tidak asing di kalangan dunia usaha. Pertama yakni pengusaha sekaligus pendiri maskapai Lion Air, Rusdi Kirana.

Pendaftaran Rusdi Kirana sebagai anggota BPK sudah dikonfirmasi oleh Komisi XI DPR.

Selain Rusdi Kirana ada juga nama mantan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio. Saat ini Tito berlabuh menjadi bagian dari Grup Lippo, BeritaSatu Media Holdings.

Baca juga: Kemenhub Kembali Dapat Opini WTP, Ini Catatan BPK

Sebelumnya ia sempat menduduki kursi Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP).

Selain kedua nama itu, terselip juga satu nama yakni Muhammad Syarkawi Rauf. Ia merupakan mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kepada Kompas.com, Syarkawi mengkonfirmasi mencalonkan diri sebagai anggota BPK. "Iya mas saya ikut daftar anggota BPK," kata dia, Rabu (3/7/2019).

Saat ini Syarkawi tercatat sebagai Komisaris Independen PT Delta Dunia Makmur Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan.

Saat ini Komisi XI sedang melakukan seleksi administrasi serta makalah. Selanjutnya, nama-nama yang lolos seleksi akan melewati uji kelayakan dan kepatutan secara terbuka.

Baca juga: Rusdi Kirana: Boeing Anggap Saya seperti Celengan

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X