Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikator Ojek Online Tak Boleh Beri Diskon Lebihi Tarif Batas Bawah

Kompas.com - 04/07/2019, 10:33 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat imbauan kepada Go-Jek dan Grab terkait penerapan diskon tarif ojek online.

Dalam surat tersebut, Kemenhub mengimbau agar para aplikator menerapkan diskon tarif ojek online sesuai peraturan yang berlaku.

"Yang penting tarif (diskon) itu tidak melebihi tarif batas bawah dan tarif batas atas yang telah ditentukan," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat dikonfirmasi, Kamis (4/7/2019).

Budi menambahkan, jika ada yang melanggarnya, pihaknya akan menyerahkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Sebab, pelanggaran tersebut termasuk persaingan usaha yang tak sehat.

"Ya kalau melanggar nanti kita lapor ke KPPU," kata Budi.

Besaran tarif ojek online terbagi menjadi 3 zona. Zona 1 untuk wilayah Sumatera, Jawa (tanpa Jabodetabek), dan Bali. Untuk zona 2 adalah Jabodetabek. Sementara untuk zona 3 adalah Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya.

Adapun besaran tarif nett untuk Zona I batas bawah Rp 1.850 dan batas atas Rp 2.300, dengan biaya jasa minimal Rp 7.000-Rp 10.000. Sementara Zona II batas bawah Rp 2.000 dengan batas atas Rp 2.500, dan biaya jasa minimal Rp 8.000-Rp 10.000.

Untuk Zona III batas bawah Rp 2.100 dan batas atas Rp 2.600 dengan biaya jasa minimal Rp 7.000- Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com