Jokowi: Perluasan Bandara Sam Ratulangi Rampung Agustus 2020

Kompas.com - 04/07/2019, 20:40 WIB
Presiden Jokowi saat melihat rencana pengembangan Bandara Samrat, Manado, Kamis (4/7/2019) pukul 12.05 Wita KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEYPresiden Jokowi saat melihat rencana pengembangan Bandara Samrat, Manado, Kamis (4/7/2019) pukul 12.05 Wita

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado dapat selesai pada Agustus 2020.

Presiden Joko Widodo mengatakan hal itu saat meninjau langsung bandara tersebut bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (4/7/2019).

"September ini dimulai pengembangan bandara, Agustus 2020 sudah rampung,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini Bandara Sam Ratulangi memiliki landas pacu sepanjang 2.650 m x 45 m dan nantinga akan diperpanjang menjadi 2.800 m. Sedangkan luas terminalnya saat ini 26 ribu meter persegi dengan kapasitas 2,5 juta penumpang per tahun.

Baca juga: Mulai Beroperasi, Fasilitas Bandara Kertajati Siap Layani Penumpang

"Dengan pengembangan ini nanti luas terminal penumpang totalnya menjadi 56.000 meter persegi yang bisa mengangkut kurang lebih 6 juta penumpang,” kata Jokowi.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang dapat berkunjung ke wilayah Sulawesi Utara.

“Dengan perbaikan dan perluasan infrastruktur transportasi seperti bandara ini, maka target kita adalah meningkatkan jumlah wisatawan yang ke sini. Karena daerah Sulawesi Utara ini potensi pariwisatanya sangat tinggi sekali,” ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.