Soal-soal Ujian CPNS 2019 Akan Diganti

Kompas.com - 05/07/2019, 06:08 WIB
Ilustrasi seleksi CPNS KOMPAS/HENDRA A SETYAWANIlustrasi seleksi CPNS

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengganti soal-soal ujian yang diujikan dalam proses penerimaan  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) tahun ini.

Soal itu terdiri dari Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Soal-soal SKD sudah disiapkan. Ada sejumlah yang kemungkinan tidak valid akan di-remove dari sistem, tetapi soal-soal baru juga akan ditambahkan," kata Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Pemerintah Buka 254.173 Lowongan CPNS, Ini Rincian Alokasinya

Ridwan mengatakan, khusus untuk soal SKB penerimaan CPNS dan P3K 2019, pihak telah melakukan koordinasi lebih dari 100 kementerian yang menjadi pembina fungsional. Sehingga soal yang dianggap kurang g tepat bisa disesuaikan.

"Hal-hal lain juga dipersiapkan. Kapan pun dibuka (penerimaan CPNS dan P3K) itu diharapkan smooth," ujarnya.

Meskipun demikian Ridwan tidak merinci berapa banyak soal yang diganti maupun yang ditambahkan. Dasarnya, pergantian teresbut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Tahun ini, pemerintah kembali akan membuka lowongan CPNS sebanyak 253.173 orang. Ini terdiri dari PNS dan PPPK/P3K. Proses dan jadwal seleksinya sendiri akan dibuka pada Oktober ini. BKN akan menyampaikan petunjuk teknisnya sesegera mungkin kepada masyarakat.

"Kemarin, Pak Menpan RB sudah statement, bahwa penerimaan CPNS kemungkinan besar di Oktober," tandas Ridwan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X