Bill Gates Ingin Ternak Ayam, Ini Alasannya

Kompas.com - 05/07/2019, 06:13 WIB
Bill Gates mengenakan topi saat menyaksikan pertandingan tenis di French Open 2009. Clive Brunskill/ Getty ImagesBill Gates mengenakan topi saat menyaksikan pertandingan tenis di French Open 2009.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bill Gates pernah bertanya lewat sebuah tulisan, beberapa tahun lalu: "Mengapa saya akan memelihara ayam?"

Jika Anda hidup dengan hanya 2 dollar AS per hari, apa yang akan Anda lakukan agar lebih sejahtera? Begitu pertanyaan yang pernah ditulis salah seorang terkaya sejagad ini di blog pribadinya (gatesnotes.com).

Mengutip Kontan.co.id, Jumat (5/7/2019), sebagai orang yang lahir dan besar di kota Seattle, Amerika Serikat, Bill Gates takjub pada kehidupan orang-orang miskin yang memelihara ayam di beberapa negara yang pernah dia kunjungi.

Dia berkesimpulan bahwa kehidupan orang yang hidup dalam jurang kemiskinan akan membaik jika mau memelihara ayam.

Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh pendiri Microsoft Corporation ini.

Pertama, ayam mudah dan murah untuk dipelihara. Ayam bisa makan apapun yang mereka temukan di tanah, meski lebih baik jika Anda bisa memberi mereka pakan biartumbuh lebih cepat.

Ayam, menurut Gates, merupakan investasi yang bagus. Dia memberikan gambaran, ada seorang petani yang memulai memelihara lima ekor ayam. Salah seorang tetangga kebetulan memiliki seekor ayam jantan untuk mengawini ayam-ayam itu.

Setelah tiga bulan, si petani bisa memiliki 40 anak ayam. Akhirnya, dengan harga jual 5 dollar AS per ekor ayam di Afrika Barat, dia bisa berpenghasilan lebih dari 1.000 dollar AS setahun. Penghasilan itu sudah melebihi ambang batas kemiskinan ekstrem sekitar 700 dollar AS setahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber KONTAN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X