Bank Mandiri Bakal Akuisisi Bank di Filipina dan Vietnam

Kompas.com - 05/07/2019, 09:04 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTODirektur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan bakal melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi bank di kawasan Asia Tenggara. Dua negara yang bakal segera dieksekusi adalah Filipina dan Vietnam.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sudah ada beberapa bank di Filipina yang berada dalam bidikan Bank Mandiri.

"Kami kan pernah ada upaya ke sana, kami akan mulai lagi di sana [Filipina], dari 2019 sampai 2020 kami akan mencoba lagi untuk menjelajah, mencari potensi dan sudah ada beberapa pembicaraan, akan dilanjutkan lagi di Filipina," ujar Tiko di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Tiko pun mengaku telah mengantongi restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun sebelumnya, Bank Mandiri juga sempat mengeluarkan rencana mengakuisisi bank di luar negeri namun gagal lantaran kondisi rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) yang cenderung tinggi di kisaran 3 persen.

Namun dengan NPL yang ditargetkan sebesar 2,5 persen tahun ini dan diharap bisa mencapai di bawah 2 persen tahun depan, Tiko cukup optimistis dengan rencana akuisisi ini.

"Waktu itu kita ada upaya ke sana tapi karena NPL tinggi tidak jadi. Sekarang NPL sudah rendah jadi akhir 2019-2020 kita coba jelajahi lagi potensi di sana dan ada beberapa pembicaraan di Filipina," ujar dia.

Setidaknya saat ini sudah ada dua bank yang sedang dijajaki di Filipina dengan kategori menengah kecil.

"Karena pengalaman kita di Malaysia dan Singapura dari nol itu perkembangannya lama jadi kita mulai akuisisi, ya memang ada dilusi," jelas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X