Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perhubungan Tinjau Bandara Internasional Kertajati

Kompas.com - 06/07/2019, 10:14 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan peninjauan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu pagi (6/7/2019).

Menhub akan memantau langsung operasional bandara Kertajati yang diberikan kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini, Budi juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat. Setiba di Bandara Kertajati langsung Menhub melakukan rapat tertutup sebelum melakukan penijauan langsung bandara.

Sebelumnya, bandara yang diresmikan pada pertengahan tahun lalu ini hanya melayani satu rute, yaitu Kertajati-Surabaya, karena 11 rute lainnya masih sepi peminat.

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektare memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 3.000 meter dengan jumlah garbarata sebanyak empat unit dan mampu menampung sekitar 5,6 juta penumpang per tahunnya.

Saat ini sudah tersedia sekitar 13 rute penerbangan domestik dari dan menuju Kertajati yang dilimpahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, sejak 1 Juli 2019.

Bandara Kertajati, yang letaknya hampir tiga jam perjalanan dengan mobil dari Bandung, adalah bandara terbesar di Indonesia kedua setelah Soekarno-Hatta di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com