Tingkat Keterisian Pesawat di Kertajati Capai 70 Persen

Kompas.com - 06/07/2019, 16:03 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang di ruang tunggu keberangkatan domestik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019). MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang di ruang tunggu keberangkatan domestik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, tingkat keterisian (load factor) pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, kian membaik. Pasalnya sudah mencapai 70 persen berdasarkan data terbaru.

"Load factor di atas 70 persen dan growth (meningkat). (Ini menunjukkan)  sangat positif," kata Budi di Bandara BIJB Kertajati, Jawa Barat, Sabtu (6/72019).

Menurut Menhub, tingkat okupansi  penumpang pesawat di bandara di atas 60 pernah sudah terbilang baik. Karena itu, ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan Angkasa Pura II dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempromosikan bandar BIJB Kertajati.

Sehingga sudah banyak masyarakat menggunakan jasa transportasi udara dari bendara yang baru dioperasi kan awal Juli lalu.

"Load factor itu kalau di tas 60 persen sudah bagus. Saya dapat informasi tadi load faktornya naik. Sampai sekarang ini sudah baik, 7 persen jadi cukup agresif kenaikannya," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya kenaikan tingkat keterisian itu bukan tidak mungkin jumlah rute penerbangan di BIJB Kertajati akan ditambah. Tentu ini, sesuai dengan permintaan nantinya.

"Kalau ada permintaan iya, terutama yang jauh-jauh," sebutnya.

Menhub menjelaskan, jika nantinya adanya penambahan rute penerbangan akan lebih diprioritaskan untuk daerah jauh tanpa mengesampingkan yang dekat. Hanya saja, Menhub belum bisa menjelaskan berapa banyak penambahan itu dan kapan dilakukan.

"Katakanlah nanti ada permintaan ke Manado atau ke Kendari, bisa kita penuhi," tuturnya.

Ia menyampaikan, Bandara Internasional Kertajati sangat mimpuni untuk melayani penerbangan dari maskapai yang sudah membuka rute baik domestik dan internasional. Apalagi, bandara internasional yang berada Kabupaten Majalengka ini bisa menampung jutaan penumpang.

"Karena ini kapasitasnya bisa sampai lima juta," cetusnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X