Rute Penerbangan di Bandara Kertajati Akan Ditambah

Kompas.com - 06/07/2019, 17:06 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan peninjauan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019). MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan peninjauan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat kini sudah menunjukkan kemajuan sejak dioperasikan awal Juli 2019. Jika trennya semakin positif maka jumlah rute penerbangannya akan diperbanyak.

"Kalau ada permintaan iya, terutama yang jauh-jauh," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

Menhub menjelaskan, jika nantinya adanya penambahan rute penerbangan akan lebih diprioritaskan untuk daerah jauh tanpa mengesampingkan yang dekat. Hanya saja, Menhub belum bisa menjelaskan berapa banyak penambahan itu dan kapan dilakukan.

"Katakanlah nanti ada permintaan ke Manado atau ke Kendari, bisa kita penuhi," tuturnya.

Dia menambahkan, Bandara Internasional Kertajati sangat mimpuni untuk melayani penerbangan dari maskapai yang sudah membuka rute baik domestik dan internasional. Apalagi, bandara internasional yang berada Kabupaten Majalengka ini bisa menampung jutaan penumpang.

"Karena ini kapasitasnya bisa sampai lima juta," ungkapnya.

Dikatakan Menhub, pemerintah kini tengah berkonsentrasi untuk mengembangkan keberadaan BIJB Kertajati ini, baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Sejumlah infrastruktur penunjang kini tengah dibangun seperti Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), membuka rute bus Damri untuk melayani lalu lintas masyarakat. Sehingga aksesibilitasnya semakin baik.

"Pak Menteri PR (mengatakan) Tol Cisumdawu itu dalam waktu satu tahun akan selesai. Jadi saya pikir kita harus cere tentang apa yang ada," tambahnya.

Ia menambahkan, selama ini beragam upaya juga telah dilakukan Angkasa Pura II dan pemerintah Jawa Barat untuk menggaungkan keberadaan bandara terbesar kedua di Indonesia ini. Sehingga masyarakat di Tanah Air, khususnya Jawa Barat menggunakan bandara ini untuk bereprgian.

"Tapi saya gembira Pak Wagub, Pak Dirut AP II yang begitu aktif untuk memasarkan di ataranya ada kegiatan gowes, ini bagian dari mengkomunikasikan," imbuhnya.

Kini, bandara yang diresmikan pada pertengahan tahun lalu ini sudah melayani 12 rute sejak 1 Juli lalu. Ini terdiri dari beberapa perusahaan maskapai penerbangan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X