Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Gratiskan Angkutan Bus Damri ke Kertajati Selama Setahun

Kompas.com - 06/07/2019, 19:02 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Pemerintah kini telah mengratiskan angkutan bus Damri untuk melayani penumpang menuju dan sebaliknya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Ini akan berlangsung selama satu tahun.

"Jadi selama satu tahun ini pemerintah pusat mensubsidi Damri gratis," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

Budi Karya menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk mendorong dan menunjang aksesibilitas angkutan umum ke BIJB Kertajati sejak dioperasikan beberapa waktu lalu. Apalagi, tindakan load factor pesawat di bandara yang dimaksud sudah mencapai 70 persen.

"Mulai yang berakhirnya yang gratis sekarang ini. Kan masih satu bulan, kita akan gratiskan satu tahun ke depan," ungkapnya.

Menhub menyebutkan, ada tiga daerah yang digratiskan bus angkutan Damri dalam melayani masyarakat atau penumpang ke BIJB Kertajati. Sedangkan lainnya masih tetap seperti biasa atau berbayar pada umumnya.

"Tapi memang kita akan batasi tiga tempat. Yang lain menjadi feeder (pengumpan). Sementara tiga, Karawang, Cirebon dan Bandung," tambahnya.

Dikatakan Menhub, selain Damri pihaknya juga bekerja sama dengan layanan angkutan publik lainnya, yakni helikopter taksi dari dan ke BIJB bagi kalangan eksekutif.

Dia menambahkan, subsidi dengan menggratiskan bus Damri ini merupakan kompensasi dpemerintah kepada masyarakat yang selama ini mengeluhkan akses ke dan dari bandara.

"Untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu yang lebih banyak. Supaya juga mereduce cost mereka, memastikan sama dengan Bandung dengan ke sini itu sama," imbuhnya.

"Dan ini merupakan komitmen dari pemerintah untuk menjalankan," sambung dia.

Hingga kini pemerintah berkonsentrasi untuk mengembangkan keberadaan BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Salah satu upaya pengembangan itu ialah berupa proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Jika jalan tol ini sudah rampung pengerjaan dan difungsikan maka dapat menunjang aksesibilitas menuju dan sebaliknya di BIJB Kertajati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com