Pemerintah Gratiskan Angkutan Bus Damri ke Kertajati Selama Setahun

Kompas.com - 06/07/2019, 19:02 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang di ruang tunggu keberangkatan domestik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbincang dengan penumpang di ruang tunggu keberangkatan domestik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Pemerintah kini telah mengratiskan angkutan bus Damri untuk melayani penumpang menuju dan sebaliknya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Ini akan berlangsung selama satu tahun.

"Jadi selama satu tahun ini pemerintah pusat mensubsidi Damri gratis," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2019).

Budi Karya menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk mendorong dan menunjang aksesibilitas angkutan umum ke BIJB Kertajati sejak dioperasikan beberapa waktu lalu. Apalagi, tindakan load factor pesawat di bandara yang dimaksud sudah mencapai 70 persen.

"Mulai yang berakhirnya yang gratis sekarang ini. Kan masih satu bulan, kita akan gratiskan satu tahun ke depan," ungkapnya.

Menhub menyebutkan, ada tiga daerah yang digratiskan bus angkutan Damri dalam melayani masyarakat atau penumpang ke BIJB Kertajati. Sedangkan lainnya masih tetap seperti biasa atau berbayar pada umumnya.

"Tapi memang kita akan batasi tiga tempat. Yang lain menjadi feeder (pengumpan). Sementara tiga, Karawang, Cirebon dan Bandung," tambahnya.

Dikatakan Menhub, selain Damri pihaknya juga bekerja sama dengan layanan angkutan publik lainnya, yakni helikopter taksi dari dan ke BIJB bagi kalangan eksekutif.

Dia menambahkan, subsidi dengan menggratiskan bus Damri ini merupakan kompensasi dpemerintah kepada masyarakat yang selama ini mengeluhkan akses ke dan dari bandara.

"Untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu yang lebih banyak. Supaya juga mereduce cost mereka, memastikan sama dengan Bandung dengan ke sini itu sama," imbuhnya.

"Dan ini merupakan komitmen dari pemerintah untuk menjalankan," sambung dia.

Hingga kini pemerintah berkonsentrasi untuk mengembangkan keberadaan BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Salah satu upaya pengembangan itu ialah berupa proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Jika jalan tol ini sudah rampung pengerjaan dan difungsikan maka dapat menunjang aksesibilitas menuju dan sebaliknya di BIJB Kertajati.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X