Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Investasi Dana Pendidikan Anak

Kompas.com - 08/07/2019, 07:34 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

KOMPAS.com - Mahalnya biaya sekolah dari tahun ke tahun pasti membuat Anda berpikir untuk mempersiapkan dana sekolah sedini mungkin.

Tetapi, meski mempersiapkan biaya sekolah anak memang harus dilakukan sedini mungkin, Anda juga perlu melakukan langkah-langkah mendasar lainnya sebelum mulai menyiapkan dana sekolah.

Co-Founder dan Kepala penasihat keuangan Jouska Indonesia Indah Hapsari menyebutkan,sSetidaknya ada Jadi, 7 poin yang harus diperhatikan sebelum Anda siap menginvestasikan dana untuk pendidikan anak.

Baca juga: Menginvestasikan Uang untuk Pendidikan Anak, Simak 3 Tipsnya

Langkah-langkah itu yakni:

1. Lihat kondisi keuangan saat ini

Indah mengatakan, yang pertama kali Anda lakukan ketika hendak mempersiapkan dana pendidikan anak adalah lihat kondisi keuangan Anda saat ini.

"Kalau mau buat financial planning bukan tujuannya apa, tapi punyanya berapa. Misalnya saya mau masukkin anak saya ke sekolah elit dengan uang pangkal Rp 35 juta, tapi gaji saya Rp 5 juta, ya jangan masukkan ke sekolah itu. Kalau gaji Rp 50 juta, ya monggo," kata dia di Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Jadi intinya, Anda harus lihat posisi keuangan Anda baru setelah itu bentuk tujuan.

2. Lihat aset

Setelah mengetahui kondisi keuangan dan tujuan, Anda juga harus melihat aset likuid (yang mudah dicairkan) untuk menjadi modal, misalnya logam mulia, valas, saham, reksadana, unitlink, dan sebagainya.

"Lihat aset yang kita punya apa saja, karena ini akan jadi modal. Asetnya yang liquid bukan aset seperti rumah kalau untuk pendidikan, seperti logam mulia, tabungan, valas, saham, reksadana, atau unitlink," kata Indah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X