Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei BI: Keyakinan Konsumen Juni 2019 Turun

Kompas.com - 08/07/2019, 11:42 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juni 2019 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen tetap terjaga. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2019 yang berada pada level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 126,4.

Namun, angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 128,2.

"Tetap terjaganya optimisme konsumen ditopang oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini," tulis BI dalam keterangan tertulis di laman resminya, Senin (8/7/2019).

Hal itu terindikasi dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuk indeks, yaitu kondisi penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama.

Baca juga: Konsumen RI Tak Percaya Data Pribadinya Dikelola Baik oleh Layanan Digital

IKE pada Juni 2019 114,7 menguat 1,2 poin dari bulan sebelumnya yang didorong kenaikan indeks seluruh komponennya.

Selain itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dinilai tetap baik, meskipun sedikit menurun terutama terkait dengan ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan.

IEK menurun 4,8 poin menjadi 138,1 terutama akibat menurunnya optimisme konsumen terhadap kegiatan usaha dalam enam bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan menurunnya tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan mendatang (September 2019).

"Penurunan tersebut didorong oleh terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya kegiatan distribusi barang," tulis BI dalam keterangan tertulis tersebut.

Sementara itu, tekanan harga dalam 6 bulan mendatang (Desember 2019) diperkirakan meningkat dipengaruhi oleh peningkatan permintaan konsumen terhadap barang dan jasa menjelang akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com