Apa yang Harus Dipersiapkan "Fresh Graduate" Ketika Melamar Pekerjaan?

Kompas.com - 08/07/2019, 17:10 WIB
Ilustrasi mencari kerja di situs pencari kerja SHUTTER STOCKIlustrasi mencari kerja di situs pencari kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah selayaknya bagi seseorang untuk menyiapkan lamaran pekerjaan secara matang, terutama mereka yang fresh graduate atau baru lulus.

Menurut Senior Consultant Glints Rena Sanilia, mereka yang mencari pekerjaan sebaiknya memperbaharui informasi yang dimiliki. Artinya, terus menambah wawasan seiring perkembangan zaman.

"Sebenarnya tergantung, banyak yang salah kaprah dalam artian karena ini era digital berarti harus masuk tentang teknologi, IT atau sesuatu yang releated sama teknologi," kata Rena berbincang dengan Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Rena mengatakan, peluang kerja atau lowongan pekerjaan saat ini terbuka luas bukan hanya di bidang teknologi saja, meski saat ini era digital.

Mereka yang misalnya lulusan ekonomi juga bisa bersaing asalkan tetap berusaha meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya.

"Cuma yang harus lebih aware dan dipersiapkan lebih soft skill-nya adalah update teknologi terbaru," tuturnya.

Rena mengungkapkan, kini banyak perusahaan-perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak dengan cara konvensional lagi. Namun sudah lebih tinggi karena ditunjang dengan kemampuan pekerja yang sudah terbiasa pada teknologi.

"Misal dulu posisi sales semua terjun langsung, ketemu orang langsung sekarang kan rata-rata menggunakan teknologi. Jadi harus dipersiapkan adalah update-updaten-an saja, kayak apa sih yang sekarang booming di kalangan company-company gitu," paparnya.

Kendati demikian, secara umum Rena melihat hal-hal tersebut sudah dilakukan para pencari kerja khususnya kaum millenial untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apalagi, untuk mencari kerja juga sudah mudah dengan kehadiran teknologi dan internet.

" So far, menurut aku sudah banyak yang sudah awere. Sekarang sudah serba canggih, distribusi informasi sudah sangat gampang untuk dikonsumsi, apalagi untuk anak-anak kudah sekarang ini," pungkasnya.

Diketahui, Glint sendiri merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan manajemen karyawan berbagai bisnis dan organisasi lainnya. Selain itu juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X