Lakukan 3 Hal Ini untuk Atur Keuangan Bersama Pasangan

Kompas.com - 08/07/2019, 17:26 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

LONDON, KOMPAS.com - Menikah bukan hanya soal siap berkomitmen dan tinggal bersama. Sebelum itu, penting untuk anda mempertimbangkan aturan dasar keuangan Anda.

Gary Quick, Direktur PKF Francis Clark Financial Planning & Wealth Management mengatakan, masalah keuangan seringkali mendatangkan malapetaka untuk suatu hubungan.

Sebelum terlambat, sebaiknya kedua pasangan mulai untuk berdiskusi secara terbuka dan jujur, tentang keuangan mereka sedini mungkin dalam hubungan tersebut.

Baca juga: Bicarakan Keuangan dengan Pasangan Tanpa Bertengkar, Ini 4 Caranya

Berikut tips tentang mengatur keuangan bersama pasangan Anda, seperti dikutip dari The Independent, Senin(8/7/2019).

Tanyakan satu sama lain tentang penghasilan, aspirasi dan ambisi

Jangan lupa juga untuk bicarakan realitas hidup bersama, seperti membayar tagihan dan akses ke keuangan yang Anda miliki di antara Anda dan pasangan.

Namun, masalahnya, banyak pasangan merasa tidak berani untuk berbicara mengenai keuangan. Penelitian yang dilakukan Lloyds menunjukkan bahwa 36 persen orang mengatakan mereka merasa khawatir, 29 persen merasa malu berbicara tentang keuangan pribadi mereka.

Angka tertinggi berada pada usia 45 tahun ke bawah.

Baca juga: 6 Saran Keuangan yang Wajib Diperhatikan Anda dan Pasangan

Mulailah percakapan soal keuangan

Memulai percakapan tentang keuangan memang rasanya sulit, tetapi Claire Porter dari SAS Daniels, mengatakan bahwa menikah dapat memberikan dorongan sempurna untuk diskusi yang jujur.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X