Selain Keterampilan, Apa yang Jadi Pertimbangan Perusahaan Terima Pelamar Kerja?

Kompas.com - 08/07/2019, 18:25 WIB
Ilustrasi Karyawan SHUTTERSTOCKIlustrasi Karyawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika merekrut pelamar kerja, sebuah perusahaan tentu punya alasan dan pertimbangan kuat untuk menerima seorang kandidat. Termasuk di luar kapasitas serta skill yang dimiliki.

" Loyalitas," kata Senior Consultant Glints Rena Sanilia kepada Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Glints sendiri merupakan merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan manajemen karyawan berbagai bisnis dan organisasi lainnya.

Menurut Rena, generasi milenial memang lebih cerdas dan pintar dibanding generasi sebelumnya. Namun, ketika sudah mendapatkan pekerjaan mereka lebih cepat ingin pindah kerja dari perusahan ke perushaan lainnya.

"Tapi rata-rata mereka ini seperti kutu loncat, itu yang harus diwaspadai. Tidak semua company melihat skill kandidat," ungkapnya.

Dia menjelaskan, era saat ini perusahaan-perusahaan besar khususnya start up akan lebih fokus pada soal ini, meskipun tetap melihat skill juga.

Loyalitas mendapat perhatian lebih dari perusahaan ketika memutuskan menerima kandidat.

"Loyalitas. Peyakit anak-anak milenial sekarang, meraka memiliki kapabilitas,  smart, cuma salahnya mentalitas belum ada cepat move (dari perusahaan ke perusahaan lain). Sebenarnya enggak masalah, kalau seseorang ini mau menemukan fashion," tambahnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X