Sudakah Anda Sadar Teknologi Penting untuk Mencari Pekerjaan?

Kompas.com - 08/07/2019, 20:12 WIB
Ilustrasi mencari kerja di situs pencari kerja SHUTTER STOCKIlustrasi mencari kerja di situs pencari kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran teknologi telah mengubah semua sendi kehidupan. Teknologi telah membantu manusia, tak terkecuali untuk mendapatkan pekerjaaan.

Mencermati itu, Senior Consultant Glints Rena Sanilia mengatakan, teknologi telah memberi banyak manfaat kepada manusia khusunya di dunia kerja.

Kini, sesorang sudah dengan gampang memperoleh pekerjaan lewat sentuhan teknologi dan internet. Salah dengan kehadiran platform yang menghubungkan pencari kerja dan perusahaan.

"Cuma, memang banyak anak-anak muda yang belum teredukasi dengan baik aja," kata Rena ketika dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Menurut Rena, kondisi dunia kerja saat ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan zaman dulu yang belum terlalu disentuh teknologi. Misalnya saja, ketika mencari lowongan pekerjaan sesorang harus melihatnya di koran.

Namun hal ini sudah jauh berubah karena bisa ditemukan di internet lewat platform-platform yang ada.

"Cuma zaman dulu istilahnya orang mau cari kerja itu harus cari dari koran, lebih sulit sebetulnya. (Kini) jumlah penduduk Indonesia juga makin hari nambah-nambah aja, untuk sekarng ini wadah atau platform yang digunakan anak-anak mencari pekerjaan itu lebih banyak dan lebih gampang," ungkapnya.

Dia menilai, meskipun adanya kemudahan akses informasi efek dari kehadiran teknologi tersebut belum begitu maksimal dimanfaatkan milenial.

Masih ada saja yang belum melek dan paham kehadiran platform menghubungkan pencari kerja dan perusahaan.

"Jadi sudah banyak platform-nya, cuma mereka belum bisa mengaksesnya dengan baik aja," tuturnya.

Di samping kemudahan itu, para pencari kerja tentu sudah selayaknya persiapan secara mmatan ketika melamar pekerjaan. Khususnya bagi mereka yang fresh graduate atau baru lulus.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X