Apa Alasan Pemerintah Tak Minta AirAsia Turunkan Harga Tiket?

Kompas.com - 09/07/2019, 06:00 WIB
Ilustrasi FREEPIK.com/STOCKSNAPIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meminta maskapai Citilink dan Lion Air menurunkan harga tiketnya di waktu-waktu tertentu mulai Kamis (11/7/2019). Kedua maskapai ini termasuk maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier ( LCC).

Namun, AirAsia Indonesia yang juga merupakan maskapai LCC tak diminta untuk menurunkan harga tiket.

Lantas, apa alasan pemerintah tak meminta AirAsia ikut menurunkan harga tiket pesawatnya?

"Dia memang flight-nya tidak sebanyak Citilink maupun Lion. Tapi dia itu sudah di bawah 50 persen (dari tarif batas atas)," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Penerbangan Murah Mulai Turun 11 Juli 2019

Meski harga tiketnya masih di bawah 50 persen dari TBA, Darmin meminta AirAsia tak menaikan harga tiketnya lagi

"Kita cuma bilang, you (AirAsia) jangan mentokkan ke 50 persen loh. Karena you sudah di bawah itu. Nanti jangan gara-gara ini, 'ah aku ambil 50 aja sekalian sekarang'. Kita udah ingatkan itu," kata Mantan Gubernur Bank Indonesia itu.

Sebelumnya, pemerintah meminta Citilink dan Lion Air menurunkan harga tiketnya pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu untuk jam penerbangan pukul 10.00 hingga 14.00.

Kedua maskapai itu harus menjual tiketnya 50 persen dari TBA yang telah ditentukan. Namun, diskon itu hanya berlaku untuk 30 persen dari total keseluruhan kursi yang tersedia dalam satu pesawat.

Kebijakan ini berlaku mulai 11 Juli 2019 di seluruh bandara yang ada di Indonesia. Aturan ini hanya berlaku untuk penerbangan yang menggunakan pesawat bermesin jet saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X