KILAS

Ekspor Beras Premium saat Kemarau, Bukti Kemandirian Pangan Indonesia

Kompas.com - 09/07/2019, 18:36 WIB
Kementan berhasil mengekspor beras premium ke beberapa negara di saat musim kemarau, seperti Arab Saudi, Amerika Serikat maupun Jepang. Dok. Humas KementanKementan berhasil mengekspor beras premium ke beberapa negara di saat musim kemarau, seperti Arab Saudi, Amerika Serikat maupun Jepang.

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) baru-baru ini menjamin jika musim kemarau tidak akan mempengaruhi ketersediaan beras dalam negeri.

Bahkan, Kementan berhasil mengekspor beras premium ke beberapa negara di saat musim kemarau, seperti Arab Saudi, Amerika Serikat maupun Jepang.

Hal tersebut menunjukkan Indonesia telah berhasil mewujudkan kemandirian pangan.

Selain itu, Kementan juga dianggap memiliki perhitungan yang tepat mengenai antisipasi stok beras nasional guna menghadapi musim kemarau.

Jaminan mengenai amannya stok beras nasional itu disebabkan pula luas persawahan yang terdampak kemarau tidak sebanding dengan lahan produktif.

Baca juga: Jadi Lumbung Padi, Merauke Kembali Lepas Ekspor Beras ke Mancanegara

"Memang kerja Kementan di era pemerintahan Presiden Jokowi cukup nyata hasilnya. Banyak komoditas mampu meningkat angka ekspornya," ujar anggota Komisi IV DPR I Made Urip sesuai rilis yang Kompas.com terima, Selasa (9/7/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Urip menjelaskan, Indonesia patut didukung jika ingin mengekspor beras ke berbagai negara di dunia.

Namun hal yang terpenting, lanjut Urip, perlu diseimbangkan dengan berbagai upaya nyata yang memperhatikan nasib kehidupan petani serta stok pangan dalam negeri.

"Kita semua harus yakin, dong, kalau Indonesia mampu ekspor beras dan pangan lainnya. Itu, kan, menandakan bahwa bangsa kita pangannya sudah mandiri," kata Urip.

Baca jugaJadi Lumbung Padi, Merauke Kembali Lepas Ekspor Beras ke Mancanegara

Kendati demikian, Urip mengimbau, tata alur bisnisnya juga harus sistematis. Hal ini supaya jangan sampai menimbulkan mahalnya harga beras di dalam negeri maupun tengkulak baru.

Kementan baru-baru ini menjamin jika musim kemarau tidak akan mempengaruhi berkurangnya ketersediaan beras di dalam negeri.

Selanjutnya, Kementan berencana akan mengekspor lagi beras premium ke beberapa negara lainnya, terutama pasar Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.