Minat Investasi SBR007? Begini Cara Belinya

Kompas.com - 11/07/2019, 12:35 WIB
Ilustrasi rupiah. THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDIIlustrasi rupiah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi membuka masa penawaran Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007 hari ini, Kamis (11/7/2019).

Bagi Anda yang berminat membeli obligasi negara ini, tidak perlu pusing membelinya. Sebab SBR007 bisa dibeli mulai dari Rp 1 juta.

Dari sisi imbal hasil, SBR007 menawarkan nilai kupon sebesar 7,50 persen, angka ini bahkan lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito yang ada di kisaran 5-6 persen per tahun.

Nah lantas bagaimana cara belinya?

Perlu diketahui, kini komposisi Mitra Distribusi SBR007 terdiri dari dua belas bank, tiga perusahaan efek, tiga perusahaan efek khusus dan dua perusahaan fintech.

Cara pembelian SBR007 sangat mudah karena sudah dapat dilakukan secara online dengan empat tahapan sebagai berikut:

Registrasi

1. Investor melakukan registrasi melalui sistem online di 20 Mitra Distribusi.

2. Membuat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga via sistem pemesanan online (bagi yang belum memiliki).

Pemesanan

1. Investor melakukan pemesanan melalui sistem elektronik Midis setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi.

2. Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik Midis atau email kepada investor.

3. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

Pembayaran

1. Pembayaran dapat dilakukan melalui seluruh Bank/Pos Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu maksimal 3 jam sejak pemesanan dinyatakan verified.

2. Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar.

Konfirmasi

Menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBR via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X