Milenial Bisa Ikuti Jejak Bung Hatta Jadi Investor Republik

Kompas.com - 11/07/2019, 13:52 WIB
Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Lucky Alfirman di Jakarta. Kamis (11/7/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANADirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Lucky Alfirman di Jakarta. Kamis (11/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mendengar kisah Bung Hatta membeli surat utang negara yang diterbitkan oleh pemerintah? Ya, hal itu pernah ia lakukan pada 1950 silam.

Meski tidak banyak orang tahu, namun sejarah mencatat bahwa Bung Hatta adalah salah satu investor republik. Kini generasi milenial pun bisa mengikuti jejak Bung Hatta tersebut.

Salah satunya yakni dengan membeli obligasi negara Saving Bond Ritel seri SBR007 yang diluncurkan pemerintah hari ini.

"Uang itu nantinya digunakan untuk membiayai pembangunan Indonesia," ujar Dirjen Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Lucky Alfirman di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

"Dengan partisipasi itu Anda bisa ikut berpartisipasi membangun republik," sambungnya.

SBR007 merupakan seri SBR yang tidak lain bagian dari obligasi atau surat utang negara. Melalui penerbitan surat utang tersebut, maka pemerintah akan mendapatkan dana segar.

Dana tersebut masuk ke dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) dan digunakan untuk membiayai program-program yang ada di APBN.

SBR dirancang untuk menggaet investor dalam negeri, terutama para milenial dengan minimum pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Dengan banyaknya pembeli SBR007 dari dalam negeri, maka investor republik akan di dominasi oleh orang Indonesia sendiri bukan warga negara asing.

Masa penawaran SBR007 sudah dibuka mulai hari ini, 11 Juli 2019 dan akan ditutup pada 25 Juli 2019. 

Adapun waktu jatuh tempo SBR007 ini yakni 10 Juli 2021.

Sementara itu tingkat kuponnya 7,50 persen pada 3 bulan pertama. Setelahnya, tingkat kupon menggunakan suku bunga Bank Indonesia (BI) 7 Day Reverse Repo Rate ditambah fixed spread 150 bps.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X