Buka Rekrutmen, Pelni Hanya Terima 100 Orang

Kompas.com - 11/07/2019, 17:22 WIB
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) kembali menyiapkan sebanyak 72 kapal untuk layani angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. PT Pelni (Persero)PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) kembali menyiapkan sebanyak 72 kapal untuk layani angkutan Natal dan Tahun Baru 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT  Pelni (Persero) hanya menerima 100 pelamar terbaik dari ribuan orang yang diprediksi mendaftar pada rekrutmen tahun ini.

"Kouta yang dibutuhkan 100 orang. Rencana kelasi 25 orang, wiper 25 orang, juru masak 30 orang, dan pelayan 20 orang," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro kepada Kompas.com, Kamis (11/7/2019).

Yahya mengatakan, Pelni pada rekrutmen kali ini membuka empat posisi yakni pelayan, kelasi, koki, dan wiper. Para pelamar akan mengikuti beberapa tahapan seleksi yang telah dilakukan.

"Pendaftaran sendiri dimulai 3-14 Juli," ujarnya.

Baca juga: PT Pelni Buka Lowongan Kerja, Apa Status Pegawainya jika Diterima?

Dia menjelaskan, penerimaan pekerja untuk Pelni kali ini khusus mereka yang memiliki keterampilan khusus. Artinya, tidak sama dengan penerimaan tahun sebelumnya yang umum untuk semua jurusan/program studi.

"Ini khusus, tidak untuk kriteria umum, ini spesifik orangnya. Tidak semua orang (bisa) mendaftar, harus punya sertifikat, lulusan apa," jelasnya.

Ia menyampaikan, pihaknya memprediksi para pendaftar akan berjumlah ribuan orang selama proses pendaftaran yang berlangsung 12 hari. Bahkan tahun lalu mencapai 24.000 orang untuk penerimaan umum.

"Pendaftar tetap banyak, ribuan lah. Kami (Pelni) sudah masuk sepuluh besar BUMN paling dicari pekerja," ungkapnya.

Baca juga: Pelni Buka Lowongan Kerja, Hati-hati Penipuan

Para pelamar yang diterima dalam proses rekrutmen ini akan ditempat di seluruh Indonesia. Sesuai dengan wilayah operasi kapal Pelni, baik jenis kapal barang, kapal penumpang, kapal komersial, maupun kapal perintis.

Ini semua sesuai dengan kebutuhan setiap kapal yang dioperasikan oleh Pelni. "Untuk penempatannya nanti, tergantung kebutuhannya Pelni gimana," tutupnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X