Jonan Revisi Rencana Pengembangan Blok Masela, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 12/07/2019, 21:10 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan. KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Menteri ESDM Ignasius Jonan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri ESDM Ignasius Jonan harus merevisi rencana pengembangan (PoD) Blok Masela.

Hal ini dilakukan setelah Jonan menggandeng KPK untuk mencegah potensi terjadinya korupsi pada proyek besar tersebut.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, Jonan sudah menandatangi perubahan rencana pengembangan Blok Masela tersebut.

"Kemarin kami mesti klarifikasi ke KPK," ujarnya dikutip dari siaran pers, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: SKK Migas-INPEX Teken Perjanjian HOA Blok Masela

"Ada beberapa hal yang menjadi concern KPK, ada beberapa yang sudah diklarifikasi, ada beberapa yang dalam implementasinya harus kita awasi, misal procurement," sambung dia.

Jonan kata Dwi, akan segera melaporkan rencana pengembangan Blok Masela kepada Presiden Joko Widodo karena nilai investasi proyek yang sangat besar.

Pemerintah memastikan tidak akan menunda lama pengembangan Blok Masela sebab SKK Migas dan Inpex sudah menandatangani Head of Agreement (HoA) pada 16 Juni lalu.

Adapun Pemerintah RI dan Inpex Corporation sudah menyepakati sejumlah hal terkait pengembangan blok kaya migas di Maluku, Blok Masela.

Nilai investasi pengembangan Blok Masela akan mencapai sekitar 20 miliar dollar AS. Kedua pihak mencapai win-win solution dengan skema bagi hasil, pemerintah sekurangnya mendapat bagian 50 persen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X