Kenali 5 Tanda Nyata Anda Bakal Jadi Korban PHK

Kompas.com - 13/07/2019, 10:44 WIB
Ilustrasi PHKDok. Jobplanet Ilustrasi PHK

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah pemutusan hubungan kerja ( PHK) tentu sudah akrab di telinga kita, khususnya bagi yang bekerja di korporasi. PHK pun kini kembali terdengar dari sejumlah korporasi global.

Baru-baru ini, misalnya, raksasa perbankan Jerman Deutsche Bank mengumumkan PHK terhadap 18.000 pegawainya di seluruh dunia. Para pegawai kehilangan pekerjaannya sejalan dengan upaya restrukturisasi dan efisiensi yang dilakukan Deutsche Bank.

Anda pun bisa lebih dini mendeteksi apabila perusahaan tempat Anda bekerja juga akan merumahkan pegawainya. Dikutip dari Business Insider, Rabu (10/7/2019), berikut ini adalah 5 tanda nyata Anda bakal jadi korban PHK.

1. Para petinggi mengonfirmasi adanya PHK

Ini adalah tanda nyata perusahaan bakal melakukan PHK. Para petinggi mengumumkan secara langsung rencana tersebut kepada pegawai.

Sebagai contoh adalah para petinggi perusahaan global seperti CEO Twitter Jack Dorsey, bos ESPN John Skipper, dan pimpinan Sears Eddie Lampert yang mengirimkan memo kepada para pegawai terkait detil rencana PHK.

Baca juga: Tutup 5 Pabrik di Eropa, Ford Bakal PHK 12.000 Pegawai

2. Perusahaan menggunakan kata yang lebih halus, seperti "restrukturisasi"

Beberapa perusahaan global menggunakan kata ini ketika memangkas jumlah pegawai. Deutsche Bank misalnya, menggunakan kata restrukturisasi dalam melakukan PHK.

Raksasa teknologi HP, yang telah melakukan serangkaian PHK sejak tahun 2008 membuktikan bahwa banyak cara tak langsung untuk menyatakan PHK kepada pegawainya. CEO Meg Whitman dan beberapa petinggi HP lainnya menggunakan istilah "perampingan," "restrukturisasi," "reorganisasi," dan sebagainya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X