Ingin Buka Usaha tapi Tak Punya Modal? Ini Cara untuk Mendapatkannya

Kompas.com - 14/07/2019, 14:51 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudiosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang bermimpi mempunyai usaha sendiri alias menjadi entrepreneur.

Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt, mengatakan bahwa orang ingin mempunyai usaha sendiri agar lebih fleksibel mengatur waktu kerja. Alasan lainnya, mereka ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari gaji menjadi seorang karyawan.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan setiap orang dapat membuka bisnis sendiri asalkan fokus untuk mewujudkannya. "Jangan sampai cuma ngomong doang tapi tidak ada actionnya," tambahnya.

Selain itu, Anda wajib mempunyai modal awal untuk mulai membuka usaha. Fitri dan Agustina menyarankan ada dua cara untuk mengumpulkan modal pembukaan usaha.

1. Mengumpulkan modal dengan menabung

Cara pertama untuk mengumpulkan modal membuka usaha adalah dengan menabung. Anda harus menggunakan strategi ketika menabung untuk mengumpulkan dana pembukaan usaha.

Pertama, Anda harus mengetahui jumlah modal pembukaan usaha yang dibutuhkan. Kedua, Anda tentukan waktu pembukaan usaha. Ketiga, Anda bagi modal usaha yang dibutuhkan dengan waktu pembukaan usaha. Hasil pembagian tersebut merupakan nilai yang harus Anda tabung saban bulannya.

Contoh:

Total modal pembukaan usaha yang dibutuhkan Rp 200 juta

Target waktu pembukaan usaha 2024 (60 bulan ke depan)

Total modal pembukaan usaha / target waktu pembukaan usaha = nilai uang yang ditabung per bulan.

Rp 200 juta / 60 bulan = Rp 3,4 juta

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X