UMKM Ingin "Go Digital", Ini Cara yang Disarankan Google

Kompas.com - 14/07/2019, 17:00 WIB
Analis Senior Google Indonesia bagian Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Ryan Rahardjo menjadi pembicara dalam diskusi MURTI ALI LINGGA Analis Senior Google Indonesia bagian Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Ryan Rahardjo menjadi pembicara dalam diskusi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kini terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) untuk go digital atau naik kelas untuk memasarkan produknya.

Ini tentu bertujuan untuk meningkatkan transaksi penjualan barang atau jasa yang ditawarkan.

Analis Senior Google Indonesia bagian Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Ryan Rahardjo, mengatakan, baragam cara bisa dilakukan supaya UMKM bisa naik kelas. Bahkan kini Google telah memfasilitasi para pelaku UMKM di Tanah Air bisa maju lewa sebuah wadah.

"Salah satunya Gapura Gigital. Gapura  Digital adalah gerakan pelaku usaha rakyat berbasis digital," kata Ryan dalam diskusi "Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UKM" di Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Ryan menjelaskan, saat para pelaku UMKM sangat mudah untuk bisa bergabung dengan Gapura Digital yang diselanggarkan Google. Selama mengikuti kelas ini, mereka akan diajarkan bagaimana membuat website, search engeneering, mengelola wibsite, dan kemampuan lainnya.

Apalagi untuk bisa bergabung sangat mudah dan gratis tanpa dipungut biaya.

"Langkahnya mudah di Google. Pelaku UMKM tinggal masuk ke platform Google dan masuk ke Gapura Digital," tuturnya.

Dia menyampaikan, dalam Gapura Digital sendiri terdapat tiga kelas yang bisa diikuti. Kelas ini secara bertahap diikuti dengan berbagai materi yang sampaikan. Program ini dilaksanakan di 14 kota se-Indonesia.

Semua materi yang diterima dalam kelas tersebut nantinya diterapkan para pelaku dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya supaya benar-benar bisa Go Digital.

"Jakarta, Medan, Solo, Lombok, Jogja, Surabaya, Bali, Pontianak, Makassar. Barat ke timur insya allah ada," sebutnya.

Ia menyampaikan, pertumbuhan transaksi para pelaku yag sudah masuk dan go digital bisa meningkat tajam. Sehingga pelaku UMKM sangat dianjurkan segera merambah dunia digital.

"Gapura Digital sudah berlangsung 3-4 tahun lalu," imbuhnya.

Selain Gapura Digital, Google juga telah menyediakan di dalam platform-nya Bisnisku. Para pelaku UMKM bisa mendapatkan bisnisnya dengan mengusi data yang diminta.

Sehingga profil bisnis tersebut bisa ditampilkan saat orang menelusuri bisnis ini atau bisnis serupa di Google Penelusuran atau Maps. Sehingga bisnis Anda tampil menonjol dan menarik pelanggan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X